Kobar

Bimtek Pemungutan Dan Penghitungan Suara Oleh KPU Kobar

PANGKALAN BUN - KPU Kobar menggelar bimbingan teknis untuk, Panitia Pemilihan Kecamatan, dan Panitia Pemungutan Suara, kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman mendalam, kepada para petugas terkait proses pemungutan dan penghitungan suara, untuk menghadapi pemilihan serentak 27 November 2024 mendatang, Minggu 20/10/2024.

Ketua KPU Kobar khaidir, dalam sambutannya menegaskan, pentingnya kolaborasi antara ppk dan pps, demi terselenggaranya pemilu yang jujur dan adil, dan memastikan seluruh petugas ppk dan pps memahami tugas dan fungsinya dengan baik, melalui bimtek berharap proses pemungutan suara di TPS, dapat berjalan lancar.

Materi utama yang disampaikan adalah, pelatihan penggunaan aplikasi sirekap, yang berfungsi mempercepat dan memastikan akurasi penghitungan suara, dengan aplikasi sirekap potensi kesalahan dapat diminimalisir.

Selain pelatihan sirekap KPU Kobar juga akan mengadakan simulasi, penggunaan aplikasi tersebut pada 22 oktober 2024, yang di ikuti seluruh peserta bimtek PPK dan PPS se Kotawaringin Barat, yang merupakan ujung tombak penyelenggaraan  pemilu di tingkat kecamatan dan kelurahan.

Peserta diberikan pemahaman menyeluruh, tentang berbagai prosedur pemilu mulai dari tahap persiapan, hingga penyelesaian, selain materi teori peserta bimtek juga mengikuti simulasi lapangan, terkait pemungutan suara di tps.

Menurut Ketua KPU Kobar Khaidir menyampaikan rencana KPU untuk, menggelar simulasi serentak secara nasional, simulasi nasional akan memastikan kesiapan seluruh petugas, di seluruh indonesia termasuk di kotawaringin barat, dengan adanya bimtek dan simulasi oleh KPU Kobar berharap semua petugas, lebih siap menghadapi tantangan yang mungkin muncul, pada hari pemungutan suara mendatang.

(Rudi Bintoro)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments