P. Raya

BKD Kalteng : Peminat CPNS Menurun

PALANGKA RAYA  - Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2021 mengalami penurunan yang sangat drastis dibandingkan tahun 2019. Pada tahun 2019 peserta yang mendaftar CPNS berjumlah 4.654 peserta sedangkan untuk tahun 2021 hanya 2526 peserta. 

Pelaksana Tugas Kepala Bidang Pengembangan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Suhufi Ibrahim menjelaskan penurunan itu karena formasi guru tahun 2021 dialihkan ke Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK. Pada tahun sebelumnya, formasi guru masih masuk formasi PNS, namun sekarang telah dialihkan ke formasi PPPK. Untuk tahun ini formasi PPPK guru sudah mencapai sekitar 2.500 peserta.

Selain itu terkait dengan hasil verifikasi Suhufi menjelaskan, untuk perserta yang tidak memenuhi syarat  berjumlah 115 perserta, dan BKN Provinsi memberikan kesempatan bagi mereka untuk menyanggah hasil verifikasi tersebut dari tanggal 4 sampai 6 Agustus 2021 kemarin. Hingga saat ini tim verifikasi masih mempelajari sanggahan dari perserta yang tidak memenuhi syarat tersebut. Apabila alasannya kuat, maka bisa diterima masuk.

Suhufi juga menjelaskan dari hasil verifikasi tersebut, ada beberapa hal yang membuat para peserta masuk kategori tidak memenuhi syarat seperti formasi dan ijazah tidak sesuai. Kemudian dari tenaga medis yang tidak memenuhi syarat karena tidak menyertakan tanda registrasi. Ada juga surat yang salah tujuan. Seharusnya ke Pemerintah Provinsi namun mencantumkan nama daerah lain. Sehingga pihaknya tidak dapat memverifikasi berkas tersebut, karena tujuannya bukan ke BKD Provinsi.

Untuk jumlah soal Seleksi Kompetensi Dasar pihaknya belum menerima berapa jumlahnya. Akan tetapi untuk passing grade yang umum seperti Tes Wawasan Kebangsaan 65 point, Tes Intelegensi Umum 80 point dan Tes Karakteristik Pribadi 166 point.

 

(Hary Reymondo)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments