Bartim

Bupati Barito Timur Hadiri Acara, Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi

TAMIANG LAYANG - Salah satu tugas pokok pemerintah dalam rangka mengevaluasi perkembangan masyarakat  diantaranya melalui lomba desa dan kelurahan, yang dilaksanakan setiap tahun. Melalui lomba ini efektifitas, kebijakan, dan program pembangunan yang telah dilak sanakan, serta hasil pembangunan dan pemberdayaan, dapat dievaluasi secara komperehensif, integral dan terkoordinir  sehingga dapat diketahui progres dan kemajuan masyarakat, sebagai dampak positif perkembangan yang diukur secara rutin dan berkala.

Dalam kegiatan lomba yang dilaksanakan tim penilai Provinsi, Desa Kupang bersih Kecamatan Pematang Karau, Kabupaten Barito Timur, merupakan desa yang terpilih, untuk mengikuti lomba desa tingkat provinsi. Kegiatan dihadiri langsung, Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur, Kepala BPMD Barito Timur, Ketua PKK Kabupaten Kecamatan Dan Desa, Ketua LPM, LKMD, LKK, Karang Taruna dan lembaga masyarakat beserta jajarannya bertempat di hala man kantor desa kupang bersih, 14 juni 2022 lalu.

Ketua tim penilai provinsi Aryawan dalam sambutannya menyampai kan, kegiatan lomba desa dan kelurahan ini, hanya merupakan seremoni saja. Namun inti  dalam kegiatan lomba ini adalah, lebih utama untuk melakukan pembinaan terhadap pemerintahan desa dan kelurahan beserta perangkatnya, di 13 kabupaten kota yang ada diprovinsi Kalimantan Tengah.

Bupati Barito Timur Ampera Ay.Mebas dalam sambutanya mengata-kan, kegiatan lomba ini sebagai motifasi untuk memacu kepada desa - desa yang lain, untuk mengembangan  kriteria desanya, sehingga tahun kedepan desa lainnya juga  bisa mengikuti lomba desa untuk tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Kepala BPMD Barnusa mengatakan, ada beberapa indikator yang menjadi kreteria tim penilai untuk lomba desa, yang nantinya semua dirangkum dalam bentuk kriteria, sehingga trend kenaikan sebagai desa yang  berkembang, sejalan dengan kepemimpinan aparatur desa dan perangkat, serta dukungan tokoh masyarakatnya.

(Haji Suriansyah)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments