Kotim

Bupati Kotawaringin Timur Ajak Seluruh Komunitas Pecahkan Rekor MURI Tahun mendatang dengan Festival Bubur Asyura

Sampit - Dalam pernyataannya pada hari Minggu, 30/07/2023, Halikinnor selaku Bupati Kotim meminta Dinas Pariwisata untuk mulai merancang dan mempersiapkan festival ini dengan matang. Ia berharap bahwa pembuatan bubur Asyura dalam jumlah besar dapat melibatkan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kecamatan.

Ia, telah mengajak seluruh komunitas untuk bersatu dalam upaya memecahkan rekor MURI melalui Festival Bubur Asyura yang akan didakan pada tahun mendatang.

Salah satu tradisi yang ada dalam masyarakat Kotim yang selalu dihidangkan setiap tanggal 10 Muharram, adalah memasak bubur Asyura. Dimana dalam  Proses memasaknya melibatkan saling kegotong royongan dan menggunakan beragam bahan sayur-sayuran.

Menurut Halikinnor, bubur Asyura adalah bagian dari warisan budaya Islam yang berharga. Seiring berjalannya waktu, banyak tradisi di daerah pesisir yang mulai meredup. Ia berkomitmen untuk menjaga dan menghidupkan kembali tradisi ini.

Halikinnor menjelaskan, "Kami ingin menggali kembali tradisi ini agar tidak hilang dari daerah kami. Kami ingin memastikan bahwa budaya-budaya kami tetap menjadi bagian dari warisan kami dan tidak dicaplok oleh negara lain, jika tidak kita perkenalkan." lanjutnya.

Untuk membuat festival ini lebih berarti, Halikinnor berencana mengundang anak-anak yatim untuk bersama-sama merayakan tradisi tahunan pembuatan bubur Asyura. Ia juga berharap agar festival ini dapat dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian daerah yang ada selama ini.

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments