Kalteng

Bupati Seruyan : Penerimaan Pajak Penting Untuk Pembangunan

KUALA PEMBUANG - Bupati Seruyan, Yulhaidir mengatakan penerimaan pajak dan retribusi daerah saat ini mempunyai peran yang sangat penting dalam pembiayaan pembangunan maupun kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, penerimaan dari pusat saat ini menurun dan hanya cukup untuk membiayai belanja-belanja daerah yang sifatnya wajib serta mengikat, sedangkan belanja-belanja pembangunan sebagian berasal dari program Dana Alokasi Khusus (DAK), sehingga dirinya berharap agar dinas terkait bisa memaksimalkan penerimaan pajak daerah, guna membantu pembangunan daerah dengan maksimal.

“Saya berharap agar instansi terkait bisa memaksimalkan penerimaan pajak daerah, dengan menggali potensi-potensi baru, sehingga pembangunan yang kita inginkan bisa tercapai dan ini juga demi kemajuan Seruyan itu sendiri,” Ujarnya 25/6/2022.

Dia menjelaskan, salah satu penerimaan pajak dan retribusi yang cukup potensial adalah pada sektor perusahaan besar swasta (PBS) terutama perkebunan kelapa sawit, yang harus bisa dikejar pajaknya karena sangat penting bagi kemajuan pembangunan daerah sehingga dirinya berharap pajak yang didapat harus maksimal.

“Sebagi salah satu kabupaten penghasil sawit saya berharap agar pajak dari PBS bisa dimaksimalkan. Terlebih di Seruyan terdapat banyak PBS yang bergerak pada sektor tersebut, sehingga harus bisa diupayakan maksimal agar keberadaannya berdampak baik bagi daerah, sehingga bisa memberikan dampak yang baik pula bagi kita,” jelasnya.

Lebih Lanjut dia menyampaikan, upaya untuk meningkatkan pendapatan daerah terus ditingkatkan sesuai dengan potensi yang berkembang. Harus ada inovasi yang bisa diberikan agar peneriman pajak daerah bisa maksimal bahkan bila dibutuhkan harus bisa jemput bola, sehingga target yang telah ditentukan bisa tercapai.

“Untuk mewujudkan hal tersebut juga harus didukung dari seluruh lapisan masyarakat. Maka dari itu saya harap masyarakat juga harus berperan aktif, dan petugas harus aktif di lapangan memantau agar apa yang di harapkan bisa tercapai, karena ini gunanya untuk membangun daerah kita sehingga semu pihak dan lapisan masarakat bisa bersama-sama berperan aktif,” pintanya.

(Giya)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments