Barsel

Cegah Penyebaran PMK pada ternak di Barito Selatan

Buntok – Untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK). DKPPP Barito Selatan bersama Polres telah melakukan skrining ternak dari luar daerah yang masuk ke wilayahnya.

Ida Safitri selaku Kepala DKPPP Barsel mengatakan, “Adanya skrining terhadap ternak sapi yang masuk dari luar daerah ini dilakukan petugas kita bersama polisi di cek poin bundaran sanggu,” ujarnya Kamis, (16/06/2022).

Jadwal kedatangan ternak sapi yang masuk ke Barito Selatan selama bulan Mei 2022 sebanyak dua kali. Pada 23 Mei 2022 ada sebanyak 23 ekor, sedangkan pada 28 Mei 2022 sebanyak 22 ekor sapi dari luar daerah.

Dari data yang ada dilapangan hasil pengecekan petugas, semua ternak sapi yang masuk ke daerah ini dalam keadaan sehat dan dijamin baik.walaupun tetap saja akan dilakukan observasi dan pemantauan selama lima hari pada masing-masing kandang pemilik sapi tersebut untuk mencegah kebobolan.

Untuk persiapan Idul Adha 1443 Hijriyah, menurutnya  ketersediaan hewan kurban  mencukupi, karena sejumlah hewan kurban sudah didatangkan dari luar daerah jauh hari sebelumnya.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments