P. Pisau

Dinas Kesehatan Pulang Pisau Imbau Waspada DBD di Musim Penghujan

PULANG PISAU - Kepala Dinas Kesehatan, dr. Pande Putu Gina, melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), dr. Jamil Muslim, mengingatkan bahwa selain DBD, penyakit kulit, flu, dan batuk sering menyerang masyarakat saat musim hujan.

Dimana saat ini musim penghujan telah berlangsung beberapa pekan terakhir di Kabupaten Pulang Pisau. Selain risiko banjir, masyarakat juga perlu mewaspadai penyakit lain seperti Demam Berdarah Dengue (DBD).

Dr. Jamil menjelaskan bahwa selama musim hujan, jumlah nyamuk, termasuk nyamuk Aedes aegypti yang menjadi penyebab DBD, cenderung meningkat. Meski berbeda dengan nyamuk biasa, masyarakat tetap diminta waspada karena DBD dapat menyebabkan pendarahan hebat dan syok yang berpotensi mengancam nyawa. Gejala umumnya adalah demam yang berlangsung selama 2-7 hari.

Untuk mencegah penyebaran DBD, dr. Jamil mengimbau masyarakat agar melakukan tindakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan menerapkan 3M Plus. Langkah 3M tersebut mencakup menguras dan membersihkan tempat penampungan air secara rutin, menutup rapat tempat penampungan air, serta mendaur ulang barang-barang yang berpotensi menampung air.

Selain itu, 3M Plus mencakup pencegahan gigitan dan perkembangbiakan nyamuk dengan cara memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, serta menghindari menggantung pakaian yang sudah dipakai. Langkah-langkah ini diharapkan dapat meminimalkan risiko terjadinya DBD selama musim penghujan.

(Marselinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments