Kapuas

Disdik Kapuas Lestarikan Seni Bela Diri Pencak Silat “KOSN”

KAPUAS - Untuk melestarikan seni bela diri tradisional, Pencak Silat pun menjadi salah satu cabang olahraga yang diperlombakan dalam kompetisi olahraga siswa Nasional atau Kosn tahun 2021 di Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah.

Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas menggandeng Pengurus Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia atau IPSI dan Pengurus Federasi Olahraga Karatedo Indonesia atau Forki Kabupaten Kapuas Menyelenggarakan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional Jenjang SD/MI dan SMP/MTS Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2021.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Haji Suwarno Muriyat mengatakan, kompetisi Olahraga Siswa Nasional Pendidikan Dasar Tahun ini juga dirangkai dengan Festival Lomba Seni Siswa Nasional Tingkat Kabupaten Kapuas yang diikuti  peserta dari Tujuh Kecamatan di Kapuas.

Khusus untuk penyelenggaraan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional, salah satu cabang olah raga yang dipertandingkan adalah Pencak Silat. Menurut Suwarno Muriyat pencak silat yang merupakan Seni Bela Diri Tradisional dari kepulauan Nusantara harus di lestarikan.

Dinas Pendidikan Kapuas sendiri berkomitmen untuk mengembangkan peserta didik dalam Seni Bela Diri Pencak Silat. Untuk itu, Suwarno Muriyat berharap peserta didik yang mempunyai potensi dalam olahraga pencak silat agar terus berlatih sehingga bisa meraih prestasi ditingkat nasional dan olahraga pencak silat pun akan semakin berkembang di Kabupaten Kapuas.

 

 

(Irfansyah)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments