P. Raya

Disdik Laksanakan Pertemuan Pengawasan dan Pendampingan Untuk Meningkatkan Mutu Pengelolaan Obat, Vaksin dan BMHP

PALANGKA RAYA – Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah (Prov Kalteng) menggelar Pertemuan Pengawasan dan Pendampingan untuk Meningkatkan Mutu Pengelolaan Obat, Vaksin dan Bahan Medis Habis Pakai (BMHP) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2024, bertempat di M Bahalap Hotel Palangka Raya.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Damar Pramusinta mewakili Kepala Dinas Kesehatan mengatakan, logistik obat dan perbekalan kesehatan memiliki peran penting dalam sistem kesehatan nasional.

 “Obat dan perbekalan kesehatan berperan untuk mendukung pelayanan kesehatan di semua tingkat pelayanan kesehatan. Pentingnya pengelolaan logistik diprediksi akan meningkat, khususnya di era Jaminan Kesehatan Nasional,” ungkapnya.

Menurutnya, manajemen logistik obat dan perbekalan kesehatan yang baik akan memberikan kemudahan untuk mengelola pengadaan, penyimpanan, dan distribusi dalam rangka untuk memenuhi permintaan pasien yang semakin lama semakin meningkat.

Ia menjelaskan, pelayanan logistik obat dan perbekalan kesehatan di Indonesia memiliki pola dan struktur yang khas mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota dan fasilitas kesehatan, dimana masing-masing tingkat memiliki wewenang dan tanggung jawab yang berbeda terkait dengan pengelolaan logistik obat dan perbekalan kesehatan.

Adapun peserta pertemuan tersebut berasal dari pengelola Obat dan Alat Kefarmasian dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments