P. Raya

Ivo Sugianto Sabran  Hadiri Bimbingan Teknis Kewirausahaan Bagi Wirausaha Pemula

PALANGKA RAYA - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Ivo Sugianto Sabran hadiri secara resmi Bimbingan Teknis Kewirausahaan Bagi  Wirausaha Pemula, bertempat di Hotel Luwansa Palangka Raya.

Ketua TP-PKK Ivo Sugianto Sabran mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Prov. Kalteng yang bertujuan untuk membangkitkan jiwa kewirausahaan dan perkembangan wirausaha dan UMKM di Kalteng. “Permasalahan yang umum dihadapi kalangan wirausaha dan usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM di Indonesia dan Provinsi Kalimantan Tengah adalah kurangnya kemampuan untuk menciptakan dan mengelola usaha yang kreatif dan inovatif sesuai prinsip-prinsip manajemen kewirausahaan”, tutur Ivo.

Disampaikan Ivo, prinsip pertama yang harus dilakukan dalam mengembangkan usaha adalah dengan memiliki sumber daya manusia yang handal dan tentu juga selalu memiliki jiwa kewirausahaan, misalnya membuat rencana usaha (business plan) sering diabaikan. Dengan tidak adanya rencana keuangan, rencana pemasaran, rencana produksi, maka usaha berjalan hanya untuk memenuhi kebutuhan harian saja.

Lebih lanjut Ivo menyampaikan, pertumbuhan wirausaha dan usaha mikro, kecil dan menengah di Prov. Kalteng cukup pesat dan banyak diharapkan dapat memberikan andil dalam pembangunan Kalteng, sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan dan menyerap banyak tenaga kerja di Kalteng agar supaya menjadikan Kalteng semakin maju dan semakin berkah.

 

Ia berharap melalui kegiatan ini dapat membantu para pelaku usaha dan mahasiswa/ mahasiswi untuk menciptakan wirausaha dari berbagai jenis usaha seperti usaha kuliner, fashion, kriya, kosmetik dan obat-obatan herbal yang berdampak pada perkembangan dan pertumbuhan ekonomi daerah secara optimal.

Bimbingan Teknis Kewirausahaan dihadiri Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Prov. Kalteng Norhani, Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator, Pengawas dan Pejabat Fungsional di lingkup Pemprov Kalteng, Narasumber serta para pelaku usaha dan mahasiswa/ mahasiswi sebagai peserta bimtek kewirausahaan bagi wirausaha pemula.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments