Kalteng

DPRD Murung Raya Dukung Pelestarian “ Festival Budaya Tira Tangka Balang”

PURUK CAHU,– Tingginya dukungan terhadap pagelaran  Festival Budaya Tira Tangka Balang yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Murung Raya. Hal tersebut diucapkan oleh Wakil Ketua II DPRD Murung Raya, Rahmanto Muhidin, Rahmanto menegaskan pentingnya festival ini dalam memperkenalkan dan melestarikan nilai-nilai budaya lokal sebagai bagian dari potensi pariwisata daerah.

Pada hari Sabtu (27/04/2024), dihadapan awak media setempat, ia mengatakan, “Festival ini harus terus dipelihara dan dilestarikan agar generasi penerus tidak kehilangan jati diri mereka. Acara ini juga menampilkan kesenian tradisional masyarakat Dayak Murung Raya yang diwariskan secara turun-temurun,” ujarnya lugas.

Dimana dalam pagelaran Festival Budaya Tira Tangka Balang meliputi berbagai perlombaan, Diantaranya seperti lomba karungut, mangenta, bagasing, manyipet, mangaruhi, masakan tradisional Kalimantan Tengah, vokal solo lagu daerah, lawang sakepeng, malamang, balogo, maneweng, manetek tuntang, dan tari pedalaman.

Tentunya dengan diadakannya pagelaran Festival budaya ini secara tidak langsung akan berdampak, tumbuhnya rasa kebanggaan pada masyarakat untuk lebih mengenal lagi dan mencintai budaya daerah mereka sendiri agar tetap lestari.

(Era)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments