P. Raya

Dugaan Penyakit ”ASF“ Serang Ternak Babi Di Gumas

PALANGKA RAYA - Meningkatnya laporan kejadian ternak sakit dengan tingkat kematian tinggi, di beberapa Desa di wilayah Kabupaten Gunung Mas di duga terserang penyakit

African Swine Fever, khususnya yang menyerang ternak babi, membuat Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, melalui Dinas Pertanian bergerak cepat, dengan mengeluarkan surat edaran tentang kewaspaadaan dan tindakan penanganan serta antisipasi sehingga kematian hewan ternak ini dapat di minimalisir.

Menanggapi banyaknya aduan peternak, yang disampaikan ke Dinas Pertanian melalui Petugas Kesehatan Hewan, atas meningkatnya kasus kematian hewan ternak babi akhir akhir ini, yang di duga akibat penyebaran penyakit, African Swine Fever atau ASF di beberapa Desa di wilayah Kabupaten Gunung Mas, sehingga perlu di terbitkan surat edaran yang bersifat mendesak untuk dilaksanakan.

Dinas Pertanian Gunung Mas, meminta kepada para peternak segera melaporkan kepada petugas penyuluh pertanian lapangan setempat atau ke Dinas Pertanian Bidang Peternakan dan kesehatan hewan jika menemukan babi yang sakit atau mati dalam waktu 1 kali 24 jam. Apabila ditemukan harus segera dikuburkan, untuk mencegah penularan. Mengisolasi babi yang sakit beserta peralatannya untuk mencegah penularan. Kemudian kandang segera di kosongkan dan dilakukan pembersihan serta melakukan penyemprotan disinvektan dan yang tidak kalah pentingnya, tidak menjual babi atau ternak yang sakit.

Petugas dari instansii yang terkait pun kini terus melakukan pemantauan dan penanganan terhadap hewan ternak masyarakat

 

(Olivia Teja)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments