P. Raya

LP3KD Kalteng meriahkan Kreasi Virtual Katolik Indonesia (KVKI) Tahun 2021

PALANGKA RAYA - Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Nasional melaksanakan Kreasi Virtual Katolik Indonesia yang diikuti oleh LP3KD dari 34 provinsi seluruh Indonesia, termasuk Provinsi Kalimantan Tengah dan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo secara virtual. Sabtu 2 oktober 2021.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, pandemi memang membatasi mobilitas dan aktivitas secara massal, tetapi situasi ini tidak boleh menghilangkan kreativitas. Dalam hal ini, harus tetap semangat dan produktif menyelenggarakan kegiatan bermanfaat dengan memanfaatkan cara baru menggunakan platform media baru yang bisa melibatkan banyak orang tetapi tetap aman dari penyebaran Covid-19.

Orang Nomor satu di Indonesia tersebut sangat mengapresiasi acara yang diselenggarakan secara virtual tersebut dan membuktikan bahwa umat Katolik mampu beradaptasi dengan cepat. Memberi contoh adaptasi kebiasaan-kebiasaan baru, menyiapkan diri untuk transisi dari pandemi ke endemic.

Mata lomba yang diadakan dalam kegiatan ini adalah Menyanyikan Mazmur, Cerdas cermat Rohani, dan Tutur kitab suci dan lain sebagainya. Kategori peserta yang tersedia ialah kategori anak, remaja, kaum muda dan dewasa. Puncak dari kegiatan ini nantinya akan diselenggarakan bertepatan dengan hari sumpah pemuda, yakni pada tanggal 28 oktober 2021.

Di tempat yang sama, SEKRETARIS LP3KD KALTENG, Fidelis Harefa mengatakan, provinsi Kalimantan tengah sendiri mengutus 11 peserta untuk mengikuti 7 mata lomba dengan harapan mereka dapat menjadi yang terbaik dalam pelayanan liturgy, khususnya pelayanan di gereja.

Fidelis menegaskan bahwa dalam Kreasi Virtual Katolik Indonesia tahun 2021 ini menekankan keikutsertaan setiap LP3K sehingga puncak capaian yang diharapkan adalah melahirkan penerus gereja yang terbaik dari setiap Keuskupan maupun Paroki yag tersebar disetiap provinsi.

 

(Hary Reymondo)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments