P. Raya

Emi Abriyani : Waspada Potensi banjir Kiriman Di kota Palangka Raya

PALANGKA RAYA - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah  Kota Palangka Raya, Emi Abriyani, meminta warga di Ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah mewaspadai potensi banjir kiriman.

Diketahui bahwa Kota Palangka Raya dilintasi tiga sungai besar, yakni Sungai Kahayan, Sungai Rungan dan Sungai Sabangau. Sementara sejumlah daerah tetangga seperti Kabupaten Katingan dan Gunung Mas juga telah terjadi banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah  Kota Palangka Raya, Emi Abriyani mengatakan sudah ada peringatan BMKG untuk siaga mengingatkan kita memasuki cuaca ekstrim. Untuk itu warga bantaran sungai agar waspada terhadap banjir kiriman Untuk itu dalam rangka antisipasi dan deteksi dini, tim BPBD setempat juga terus melakukan pemantauan disejumlah titik di kawasan rawan banjir.

Diantara lokasi seperti di Kelurahan Bukit Batu, Kelurahan Petuk Bukit, Kelurahan Tangkiling, Kelurahan Bereng Bengkel, Kelurahan Kameloh Baru, Kelurahan Petuk Katimpun, kawasan Mendawai dan kawasan pelabuhan. Emi menambahkan, dalam upaya antisipasi bencana banjir saat musim hujan, pihaknya fokus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat yang bermukim di bantaran sungai.

Masyarakat pun diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi perubahan cuaca ekstrim sehingga dapat mengantisipasi terjadinya kecelakaan atau bencana yang disebabkan kondisi cuaca. Salah satu tanda terjadinya perubahan cuaca ekstrem adalah munculnya awan cumulonimbus dan disertai angin kencang.

 

(Hary Reymondo)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments