Kotim

Endrayanto : Mari Kita Cegah Bersama Penyakit Rabies 

SAMPIT - Kepala Bidang Perternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Endrayanto menyampaikan edukasi terkait penyakit Rabies atau sering dikenal penyakit anjing gila dan mengajak masyarakat untuk mencegah terjadinya rabies. 

"Penyakit rabies ini merupakan salah satu penyakit zoonosis atau menular terhadap manusia melalui gigitan, kalau seseorang sudah terjangkit rabies maka dampaknya akan sangat fatal yakni sampai berujung pada kematian. Oleh karena itu mari kita cegah bersama," ucap Endrayanto. Minggu, 2 Oktober 2022. 

Dirinya juga menyampaikan bahwa telah dilakukan upaya pencegahan dalam hal ini seperti perawatan hewan baik dalam kondisi sehat maupun sakit dan vaksinasi massal. Hal ini dilaksanakan dengan dua metode pelayanan yang disediakan oleh pihak Distan. 

"Kita melakukan dua metode pelayanan baik itu secara aktif maupun secara pasif, yaitu seperti kami beberapa waktu lalu mendatangi rumah-rumah masyarakat yang memiliki hewan peliharaan dan pada hari ini giliran masyarakat yang datang ke puskeswan dengan membawa hewan peliharaannya masing-masing," Katanya. 

Endra juga menjelaskan, apabila terjangkit penyakit anjing gila tersebut sulit untuk disembuhkan. Pemberian obat hanya akan menekan ataupun mengurangi reaksi namun tidak sepenuhnya hilang. 

"Jadi lebih baik mencegah dari pada mengobati, oleh sebab itu ayo bersama-sama kita vaksinasi hewan peliharaan kita agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," tutupnya.

(Putri/Humabetang)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments