P. Raya

Evi Kahayanti Dorong Program Makanan Sehat Guna Peningkatan SDM KalTeng

PALANGKA RAYA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Tengah, Evi Kahayanti mendorong pemerintah untuk menggiatkan program pemberian makanan sehat guna peningkatan kesehatan dan gizi anak.

Hal ini disebutkannya juga sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM). “Saya harapkan program makanan sehat guna peningkatan sumber daya manusia sehat digiatkan mulai tahun ini, yakni dukungan peningkatan gizi bagi anak-anak hingga balita,” ucap Anggota Komisi III membidangi pendidikan kesehatan dan kesejahteraan sosial, kepada wartawan Huma Betang melalui whatsapp Sabtu 23 Oktober 2021.

Dia menginginkan agar generasi muda di Kalteng mendapatkan perhatian dari pemerintah dalam hal peningkatan kesehatan,berupa bantuan makanan yang bergizi. Evi bahkan menghimbau agar Program seperti Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dan pengaktifan posyandu bisa terus digalakkan di semua daerah di Kalteng.

“Peranan Posyandu hingga kini masih sangat dibutuhkan, guna membantu menciptakan anak-anak yang sehat. Namun seiring adanya pandemi Covid-19, aktivitas pelayanan di Puskesmas dan Posyandu dibatasi, agar tidak menimbulkan klaster baru di lingkup tersebut,” ucap Srikandi Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.  

Evi juga mengatakan agar progam bantuan makanan bergizi harus tetap di lakukan dan ditingkatkan hingga menjangkau anakanak di pelosok-pelosok desa. “Dengan adanya program bantuan vitamin ataupun asupan makan bergizi bagi anak-anak dan balita, maka dapat menciptakan generasi bangsa yang sehat lahir dan batin,” ucapnya. 

Dia menyarankan agar program bantuan makanan bergizi yang seimbang juga mampu menyasar daerah-daerah pelosok desa setiap bulan atau minimal tiga bulan sekali. Kemudian, untuk Posyandu dan Puskesmas sebagai layanan dasar kesehatan dapat meningkatkan pelayanan maupun peralatan, guna menyesuaikan kebutuhan masyarakat. 

“Bila perlu ditambahkannya fasilitas kesehatan gratis khususnya bagi anak-anak. Tenrunya, pemeriksaan kesehatan gratis di Posyandu dan Puskesmas harus terus digiatkan lagi, agar kesehatan anak-anak kita semakin baik,” harap wakil rakyat asal pemilihan Kalteng I Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas ini.

 

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments