P. Raya

Fokus Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan Melalui Investasi Dan Infrastruktur

PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo, menyampaikan bahwa pembangunan kalteng tahun 2024 akan mengacu pada arah kebijakan pembangunan provinsi kalteng yang telah ditetapkan dalam rpjmd 2021-2026, dengan Tema "Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Yang Berkelanjutan (Growth Green) melalui investasi dan infrastruktur . 

Hal itu ia sampaikan saat membuka musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) provinsi kalteng tahun 2023 yang dihadiri oleh para pemangku kepentingan secara hybrid, pada hari kamis (13/4/2023). Kegiatan ini diadakan di aula jayang tingang kantor Gubernur Kalteng.

Dalam sambutannya, Wagub Edy Pratowo menyampaikan bahwa pembangunan kalteng tahun 2024 akan mengacu pada arah kebijakan pembangunan provinsi kalteng yang telah ditetapkan dalam rpjmd 2021-2026, dengan tema "peningkatan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan (Growth Green) melalui investasi dan infrastruktur. Wagub juga menunjukkan beberapa capaian makro pembangunan kalteng yang menjanjikan, antara lain tingkat kemiskinan kalteng yang rendah, yaitu 5,28 persen, lebih rendah dari capaian nasional yakni 9,57 persen; indeks pembangunan manusia (IPM) sebesar 71,63; gini ratio sebesar 0,319, lebih rendah dibandingkan capaian nasional 0,381; dan tingkat pengangguran terbuka 4,26 persen, lebih rendah daripada capaian nasional yang sebesar 5,86 persen.

Kepala Bappedalitbang Prov. Kalteng, H. Kaspinor, menjelaskan bahwa musrenbang ini bertujuan untuk menyepakati per-masalahan pembangunan daerah, prioritas pembangunan daerah, arah kebijakan pembangunan kabupaten/kota di lingkup provinsi, dan program kegiatan pagu indikatif, indikator dan target kinerja, serta lokasi. Selain itu, musrenbang juga bertujuan untuk menyelaraskan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan nasional dan untuk melakukan klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan provinsi dengan program kegiatan kabupaten/kota yang diusulkan berdasarkan hasil musrenbang kabupaten/kota. 

Musrenbang ini dihadiri oleh para pemangku kepentingan penting, antara lain plt. Direktur pangan dan pertanian kementerian PPN Bappenas, R. Anang Noegroho Setyo Moeljono, Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kementerian Keuangan, Made Arya Wijaya, Wakil Ketua I Dprd Prov. Kalteng, H. Abdul Razak, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng, H. Nuryakin, unsur forkopimda prov. Kalteng, serta bupati/wali kota se-kalteng beserta jajaran. Kepala bpsdm kemendagri, sugeng, juga turut hadir secara virtual.

Semua pihak berharap musrenbang ini dapat menghasilkan perencanaan pembangunan daerah yang lebih baik dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kalteng.

(Harry)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments