P. Raya

H. Sugianto Sabran : Percepat Pembangunan Kawasan Tambak Udang Vaname

PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran melakukan terobosan dalam pemulihan ekonomi Kalimantan Tengah di masa pandemi. Salah satunya melakukan percepatan pembangunan kawasan tambak vaname/shrimp estate, Kalimantan Tengah.

"Dengan adanya shrimp estate nanti, akan meningkatkan pendapatan nelayan di sekitar pesisir pantai yang ada di Kalimantan Tengah," kata Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Rabu 12 Januari  2022.

Provinsi Kalimantan Tengah memiliki tujuh kabupaten pesisir yang letaknya berhadapan langsung dengan laut. Serta Provinsi Kalimantan Tengah memiliki panjang garis pantai sepanjang 703,91 kilometer dan potensi laut 9.500 hektar.

Sugianto juga mengharapkan shrimp estate seluas 40 hektar tersebut dapat terintegrasi dengan wisata serta industri perikanan yang memiliki kelengkapan fasilitas 5 cluster tambak, irigasi tambak, ival, lablesting, dan lab nutrisi pakan, serta pabrik pakan.

Terdapat di Kabupaten Sukamara, Provinsi Kalimantan Tengah sudah terbangun cluster budi daya udang Vaname pada tahun 2020 dengan luas 5 hektar dan berkembang menjadi 20 hektar.

Serta dikemudian hari cluster tersebut akan menjadi 25 hektar dan berkembang menjadi 1.000 hektar, serta panen di cluster shrimp estate ditargetkan pada tahun 2022 ini..

Sugianto mengharapkan dengan adanya shrimp estate tersebut dapat membantu mendorong perekonomian para nelayan setempat setelah terkena dampak pandemi covid-19. 

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments