Kotim

Harga Ayam, Cabai, dan Bawang Jelang Nataru

SAMPIT- Kenaikan harga bahan pokok selalu mewarnai setiap event-event kalender nasional, jelang Natal dan tahun baru,  ketersediaan stok pangan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menjadi perhatian pemerintah setempat.  Sorotan ini menjadi perhatian serius Dinas ketahanan pangan, Dinas pertanian, Bulog, Dinas Perikanan, dan Bapelitbangda setiap tahunnya.

Komoditas selalu menjadi sorotan antara lain, beras, kacang tanah, bawang merah, daging sapi, ayam ras, telur ayam ras, gula dan minyak goreng.

Muhamad Yusuf Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kotim memaparkan, dari hasil memprediksi kebutuhan beras meningkat di bulan Desember dari kebutuhan normal 3.188 ton menjadi 3.347 ton, kacang tanah dari 10 ton menjadi 11 ton. Sementara itu kebutuhan bawang merah, sedikit meningkat dari 20 ton  menjadi 21 ton. cabai, diperkirakan tetap stabil di rata-rata 14 ton per bulan.

Komoditas daging sapi mengalami peningkatan menjadi 96 ton dari 91 ton pada Desember ini, Daging ayam ras pun meningkat dari 325 ton menjadi 341 ton. telur ayam ras, meningkat kebutuhannya dari 271 ton menjadi 284 ton. Sementara gula meningkat dari 17 ton menjadi 18 ton dan minyak goreng meningkat kebutuhannya dari 20 ton menjadi 21 ton di Bulan Desember.

Namun analisa menunjukkan, komoditas yang perlu dijaga ketersediaan dan harganya menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), yakni cabai, bawang merah, dan daging ayam.

”Jadi pemantauan  harga komoditas pangan, merupakan kegiatan rutin Dinas Ketahanan Pangan dan beberapa instansi lainnya.  Mendekati Natal dan Tahun Baru,  pengawasan akan lebih intensif dilakukan,” pungkas Muhamad Yusuf.

(Altius)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments