P. Raya

Hari Ulang Tahun Koperasi Ke – 76 Dengan Tema "Pemajuan Koperasi Kunci Kesejahteraan Masyarakat

PALANGKA RAYA - Upacara Peringatan Hari Koperasi Ke-76 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023, bertempat di Halaman Kantor Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Kalteng, Jl. Wilem AS Palangka Raya, Provinsi Kalteng, Rabu (12/7/2023). Upacara Hari Koperasi Nasional Ke-76 Tingkat Provinsi  Kalteng di Pimpin Wakil Gubernur Provinsi Kalteng Edy Pratowo.

Peserta yang mengikuti Upacara Peringatan Hari Koperasi Ke-76 Tingkat Provinsi Kalteng, dari Dinas terkait, tamu undangan, mahasiswa/wi Kota Palangka Raya dan Gekrafs hadir juga dalam upacara.

Wakil Gubernur Provinsi Kalteng Edy Pratowo menyampaikan Sambutan / Pidato Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah mengatakan , dalam rangka peringatan Hari Koperasi ke-76 Tahun 2023, mengusung tema “Pemajuan Koperasi Kunci Kesejahteraan Masyarakat" dengan tagline “Bangga Berkoperasi, Indonesia Maju".

Koperasi sebagai organisasi ekonomi, yang fungsi utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat. Untuk mensejahterakan anggota, koperasi menyelenggarakan berbagai usaha serta layanan sesuai kebutuhan anggota.

“Pemerintah saat ini fokus pada pengembangan koperasi sektor riil, guna membangun ekonomi anggota dan masyarakat yang lebih luas” kata Edy.

Edy menambahkan bahwa dari sisi peluang, koperasi sektor riil ini juga memiliki banyak potensi, mulai dari pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan, jasa, pariwisata, dan banyak macam usaha lainnya. Setiap wilayah kota/kabupaten di Indonesia pasti memiliki potensi unggulan: komoditas, kerajinan, destinasi wisata atau lainnya.

Lebih lanjut Edy  menyebut, Koperasi sektor riil ini harus menjadi pemain utama dalam potensi unggulan tersebut, dengan tujuan agar manfaat dan nilai tambah yang dihasilkan dapat sebesar-besarnya terdistribusi kembali ke anggota dan masyarakat di wilayah tersebut.

Lanjutnya, saat ini Kementerian Koperasi dan UKM tengah mengembangkan pabrik Minyak Makan Merah di beberapa provinsi basis sawit.

Pabrik tersebut sepenuhnya dimiliki para petani sawit anggota koperasi. Dengan pabrik itu, hilirisasi produk dapat dilakukan. Petani sawit tidak lagi hanya menjual Tandan Buah Segar (TBS), namun menikmati nilai tambah dari produk akhir, yakni minyak makan merah tersebut.

“Komoditas unggulan di wilayah lain harus dikembangkan dengan cara demikian. Koperasi bekerja di hulu dan hilir, sehingga nilai tambah tinggi dan manfaat ke anggota meningkat” tutupnya.

Usai Upacara Peringatan Hari Koperasi Ke- 76 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023, dilanjutkan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Wakil Gubernur Kalteng.

Pada acara ini turut dihadiri oleh Sahli bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi  Kalteng Norhani, Forkopimda, OJK Otto , kepala BI Taufik , Saleh, Ketua DPW Gekrafs Novanita Puspa Kencana dan Kepala Perangkat daerah terkait. 

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments