P. Raya

Henry Dorong Kontribusi Swasta Tekan Pengangguran

PALANGKA RAYA - Legislator Kalteng, Henry mendorong perusahaan swasta yang ada di wilayah Kalteng agar dapat berkontribusi dalam upaya menekan angka pengangguran dengan memprioritaskan penyerapan sumber daya manusia (SDM) lokal sebagai tenaga kerja.

Dia mengatakan, selain dapat menekan angka pengangguran, penyerapan SDM lokal sebagai tenaga kerja di perusahaan swasta juga bisa menjadi kontribusi yang sangat baik untuk menekan angka kemiskinan di Bumi Tambun Bungai, sebab pengangguran dan kemiskinan itu memiliki keterkaitan.

"Dengan kontribusi itu, masyarakat kita tidak hanya menjadi penonton di wilayahnya sendiri. Artinya, masyarakat bisa turut mendapat manfaat dari gencarnya investasi yang masuk dan beroperasi di Kalteng ini. Jadi, sudah seharusnya bagi perusahaan tersebut untuk menyerap tenaga kerja lokal, dan menjadi prioritas," ujarnya, Senin, 15 Mei 2023.

Dia menilai selain program corporate social responsibility (CSR) penyerapan tenaga kerja lokal juga harus menjadi perhatian dari para pelaku usaha. Apalagi, Kalteng banyak menghasilkan SDM berkualitas, dari tingkat SMA/SMK hingga sarjana yang tentu siap bersaing di dunia kerja.

Terpisah Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalteng, Farid Wajdi mengatakan pihaknya juga terus berupaya meningkatkan kapasitas SDM lokal, agar dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja pada sektor formal tersebut.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemprov Kalteng agar SDM lokal memiliki peluang lebih besar dalam mendapat pekerjaan dalam sektor formal tersebut adalah dengan memberikan pelatihan alat berat bagi masyarakat lokal melalui balai latihan kerja (BLK) yang ada.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments