P. Raya

Kadis Kes Prov Kalteng Menerima Tenaga Kesehatan Penugasan Khusus Berbasis Individual Periode IV

PALANGKA RAYA – Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) menerima Tenaga Kesehatan Penugasan Khusus Berbasis Individual Periode IV yang akan bertugas di tujuh Kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah, Kegiatan ini dibuka oleh Kadis Kesehatan Suyuti Syamsul.

Dalam sambutannya, Suyuti mengatakan Program Penugasan Khusus oleh Kementerian Kesehatan adalah salah satu upaya penguatan Pelayanan Kesehatan dan diselenggarakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Namun demikian, belum semua masyarakat menikmati hasilnya secara merata, terutama bagi masyarakat di Daerah Tertinggal Perbatasan dan Kepulauan (DTPK).

 “Kondisi di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah tidak semua dapat ditempuh melalui jalan darat dikarenakan letak geografisnya. Kondisi ini punya tantangan berbeda dengan daerah lainnya, untuk itu kami berharap para tenaga medis dan tenaga kesehatan Penugasan Khusus Berbasis Individu ini siap dan memahami tupoksinya, sehingga dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat di Kalimantan Tengah,” jelasnya.

Dijelaskan pula, bahwa masyarakat yang tinggal di daerah terpencil mengalami kesulitan untuk mengakses pelayanan kesehatan primer yang berkualitas. Jika ada kendala di lapangan, diharapkan tenaga Penugasan Khusus bisa berkoordinasi dengan kepala Puskesmas atau dengan Dinas Kesehatan Kabupaten. Di Provinsi Kalimantan Tengah, memang kekurangan tenaga kesehatan, oleh karena itu diharapkan Tenaga Kesehatan Penugasan Khusus ini dapat menjadi solusi.

Pada kesempatan tersebut, ia mengharapkan agar antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Stakeholder kesehatan bisa saling berkoordinasi dengan lebih intensif dan bersinergi satu sama lain untuk memberikan dukungan atas pemenuhan sumber daya manusia kesehatan, sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat dapat terjamin kualitasnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut yakni pendamping dari Direktorat Pendayagunaan Tenaga Kesehatan Kemenkes RI Irma Fitriyana HermanTia Mardiyah dan Susanti, serta perwakilan dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten lokasi penempatan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments