Kalteng

Karya Seni Tanaman Hias Bonsai Di Pamerkan

PANGKALAN BUN - Komonitas bonsai kumai atau disingkat koboi sudah berdiri sejak 4 tahun lalu di kotawaringin barat dengan keanggotannya sudah lebih dari 20 orang dan sejak hari minggu kemarin, memamerkan hasil karya seninya, selama seminggu yang dilaksanakan di halaman kantor, kecamatan kumai.

Tanaman hias bonsai yang dipamerkan merupakan tumbuhan endemik yang banyak terdapat di wilayah kecamatan kumai seperti jenis tumbuhan cocor atap yang biasa di gunakan sebagai bahan baku jamu tradisional yang sudah melegenda dan jenis tumbuhan pices atau lebih di kenal dengan pohon beringi yang rata-rata sudah dirawat dan berusia di atas 10 hingga 25 tahun.

Para penghobi dan kolektor tanaman bonsai mendukung apa yang sudah dilakukan para komonitas bonsai kumai karna selain memiliki karya seni juga mendatangkan nilai ekonomis bagi pemiliknya karna sudah ada wadah tersendiri untuk menjual hasil karyanya.

Harianto menambahkan selain edukasi semua hasil karya para penghobi bonsai sudah ditentukan harga jualnya tergantung ukuran besar kecilnya saja serta karakter dan jenis tanaman merupakan salah satu penunjang keindahan tanaman bonsai dalam sebuah pot yang dikreasi berbagai rupa oleh pemiliknya.

(Rudi Bintoro)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments