Business

Kelas Musik Tingang Tabela Sanggar Riak Renteng Tingang Gelar UTS

PALANGKA RAYA - Kelas musik tingang tabela Sanggar Riak Renteng Tingang kota Palangka Raya menggelar ujian tengah semester bagi para anak didiknya yang dilaksanakan di Sanggar Riak Renteng Tingang jln RTA Milono km. 3,5 pada sabtu malam 9 oktober 2021.

Para muda anak didik kelas music tingang tabela Sanggar Riak Renteng Tingang kota Palangka Raya memadukan alunan harmoni music mereka dalam agenda ujian tengah semester yang dilaksanakan oleh mentor kelas music tingang tabela sendiri, Adhi Kurnia.

Adhi Kurnia, mentor sekaligus penguji dari UTS ini menjabarkan point penting sebagai acuan penilaian diantaranya dinamika, ketepatan pukulan dan kekompakan. Berbeda dengan kelas lainya yang dinilai secara per penampilan induvidu, penilaian di kelas music memiliki metode sendiri yakni penilaian secara keseluruhan atau berkelompok dalam suatu penampilan.

Dalam Kelas Musik Tingang tabela, rentang usia anak didiknya dimulai dari tingkat sekolah menengah pertama hingga sekolah menengah atas.

Semenjak duduk dibangku SMP Adhi sendiri telah terjun ke dunia music tradisional di sanggar Riak Renteng, tepatnya pada tahun 2015. Hingga kini ia tetap mendedikasikan diri untuk melestarikan ilmu yang ia peroleh dengan menjadi mentor kelas music di sanggar ini.

Adhi menjelaskan mengapa harus belajar di Sanggar Riak Renteng Tingang, karena  sanggar ini telah memiliki kurikulum yang telah disusun dengan matang setara dengan standar yang ada diprovinsi Kalimantan tengah sehingga para mentor lebih praktis dalam melatih anak didiknya serta mempermudah para peserta didik dalam memahami konsep pembelajaran dan pelatihan yang ada.

Dirinya berharap kepada para anak didik selaku generasi penerus agar jangan berhenti melestarikan seni yang dimiliki, lebih lebih dapat mngembangkannya dan tampil berbeda dibanding dengan ang sudah ada serta melahirkan kreatifitas baru dalam berkesenian daerah.

 

(Hary Reymondo)

You can share this post!

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

0 Comments

Leave Comments