Business

Kelola Wisata Libatkan Warga Sekitar

FOTO: GIYA/HUMA BETANG

Anggota DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo

 

KUALA PEMBUANG - Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Seruyan harapkan Pengelolaan destinasi pariwisata di wilayah kabupaten Seruyan makin di tingkatkan, dengan melibatkan masarakat sekitar, agar semua dapat merasakan manfaat keberadaan destinasi wisata di daerahnya guna peningkatan pendapatan ekonomi daerah dan keluarga.

Seperti harapan Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Zuli Eko Prasetyo.

Ia mengharapkan kepada semua pihak baik itu pemerintah dan masyarakat setempat untuk bersama-sama mengelola dan menjaga tempat wisata yang ada dengan baik.

“Sebaiknya pengelolaan destinasi wisata harus melibatkan masyarakat lokal, Karena merekalah yang berada di sana dan akan lebih mudah melakukan perawatan tempat-tempat wisata tersebut, dan dengan melibatkan warga lokal dampaknya akan lebih positif, salah satunya akan menyadarkan masyarakat manfaat destinasi wisata itu untuk peningkatan ekonomi keluarga,” ujar Zuli Eko Prasetyo, Jumat (04/02/2022).

Menurut dia, sektor pariwisata yang bertajuk budaya dan alam berkaitan erat dengan keadaan lingkungan sekitar, seperti yang ada di Seruyan, yakni wisata Sungai Bakau yang berada di Kecamatan Seruyan Hilir Timur serta destinasi wisata di Danau Sembuluh, Danau Seluluk dan lainnya.

“Potensi wisata yang kita miliki ini harus kita rawat dan jaga bersama, terlebih bagi masyarakat sekitar, jangan sampai olah perbuatan kita membuat dampak buruk bagi lingkungan dan sekitarnya,” harapnya.

Lanjutnya,  apabila keberadaan tempat-tempat wisata tersebut bisa terjaga dan terawat dengan baik, tentu nanti akan membawa dampak positif, selain bagi lingkungan tetapi juga untuk meningkatkan sektor perekonomian masyarakat setempat. Sehingga dengan begitu dapat merujuk pada kesejahteraan masyarakat setempat.

“Sektor wisata ini merupakan potensi  daerah yang harus kita jaga, karena keberadaan wisata ini akan sangat membantu khususnya dalam perekonomian, melalui banyaknya  wisatawan luar yang berkunjung roda perekonomian masyarakat sekitar akan cepat berputar dan pastinya akan menyejahterakan masyarakat,” jelasnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu juga meminta kepada Pemkab Seruyan melalui instansi terkaitnya, agar bisa melengkapi serta menambah fasilitas tempat wisata dan menciptakan inovasi-inovasi baru sebagai daya tarik  agar wisatawan dapat berkunjung, dan akan sekaligus meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) guna peningkatan perekonomian daerah.

 

(Giya/Altius) 

You can share this post!

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

0 Comments

Leave Comments