Barut

Keterbatasan Anggaran, Bantuan Pihak Ketiga  Diharapkan Tuntaskan Jembatan  Lemo Dan Tumpung Laung - Sikan

MUARA TEWEH -  Saat ini pembangunan dua jembatan seperti di Kelurahan Tumpung Laung,  Kecamatan Montallat dan Desa Lemo Kecamatan Teweh Tengah,  masih belum selesai. 

Hal ini dikarenakan masih minimnya anggaran untuk Kabupaten Barito Utara,  apalagi sudah dua tahun dilanda pandemi covid 19.

Bupati, H Nadalsyah didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, M Iman Topik, melakukan kunjungan ke kantor PT Wiratama Globalindo Jaya di Tanggerang Selatan, Rabu (1/6/2022). 

Dalam kunjungannya, Bupati dan Kadis PUPR diterima oleh jajaran manajemen PT. Wiratama GlobalindoJaya. Kunjungan tersebut dimaksudkan tidak lain melihat perkembangan pabrikasi rencana pembangunan rangka baja Jembatan Tumpung Laung-Sikan dengan bentang 240 meter.

Direktur Utama PT Wiratama Globalindo Jaya, Atadiwira Kanan,memberikan penjelasan rencana cetakan pabrikasi rangka baja jembatan Tumpung Laung-Sikan bentang 240 meter. 

Menurutnya, Jembatan di desain tidak menggunakan tiang pancang di tengah, melainkan menggunakan kabel bentang 240 meter.Desain jembatan yakni konsep jembatan gantung dengan lebar jembatan seluruhnya 5 meter. JPO kiri kanan 1,1 meter lebar tengah jembatan 2,8 meter. Hanya bisa untuk ambulans dan kendaraan roda dua.

"Nantinya jembatan akan dapat dilintasi kendaraan dengan beban 360 ton arus lalu lintas," kata Atadiwira.

Sementara Bupati Barito Utara, H Nadalsyah mengatakan, pembangunan Jembatan Tumpung Laung-Sikan sangat terbatas dalam hal biaya pembangunannya. 

"Saya mengharapkan bantuan CSR pihak ketiga untuk dapat membantu pemerintah dalam penuntasan pembangunan jembatan tersebut," kata H Nadalsyah. 

Bupati Nadalsyah juga berharap pembangunan jembatan tersebut dapat selesai sebelum berakhirnya masa jabatan Bupati Barito Utara pada tahun 2023. 

Bupati yang akrab disapa H Koyem ini juga mengatakan dengan desain rangka jembatan, meskipun keterbatasan anggaran diharapkan dapat efektif dan efisien dalam penyelesaian rangka dan lantai jembatan. 

"Nantinya tidak memberatkan dalam penganggaran berikutnya untuk menyelesaikan pembangunan jembatan," jelas H Koyem. 

Dikatakan H Koyem, bahwa nantinya pembangunan jembatan dikerjakan oleh pihak ketiga, diperkirakan waktu estimasi selama 12 bulan. "Dengan asumsi jika tidak ada kendala alam di lapangan," pungkasnya.


(Syarbaini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments