P. Raya

Ketua DPRD Kalteng Pastikan Cari Solusi Terkait Permasalahan Aliansi Masyarakat Gunung Mas

PALANGKA RAYA – Ketua DPRD Kalteng Wiyanto bersama Ketua Komisi II Dprd Kalteng Lohing Simon dan Anggota Komisi II Mariani Sabran, menerima aspirasi masyarakat yang tergabung dalam aliansi masyarakat Gunung Mas di Kantor DPRD Provinsi Kalteng Kamis 16 Desember 2021.

Aliansi masyarakat Gunung Mas tersebut menggelar aksi demonstrasi untuk menolak angkutan perusahaan besar swasta melintasi jalan umum Palangka Raya – Gunung Mas. Pasalnya, diketahui angkutan tersebut dinilai merugikan masyarakat dengan rusaknya jalan. Selain itu, kerap menyebabkan rawan kecelakaan akibat truk-truk besar dengan tonase melebihi kapasitas.

Aksi damai tersebut, awalnya dilaksanakan di halaman Kantor DPRD Kalteng, kemudian dilanjutkan dialog di ruang rapat gabungan antara Pimpinan DPRD Kalteng dengan perwakilan masyarakat.

Ketua DPRD Kalteng Wiyatno mengatakan, dalam pertemuan tersebut ada beberapa tuntutan yang disampaikan oleh masyarakat Gunung Mas berkaitan dengan penggunaan jalan umum dan mereka memberikan salah satu solusi, yakni perusahaan wajib membuat jalan khusus berdasarkan Perda Provinsi Kalteng nomor 7 tahun 2012.

Selain itu, masyarakat juga meminta pbs wajib memiliki jembatan timbang. Jika ada kerusakan jalan umum, maka pbs maupun perusahaan lain yang menggunakan jalan itu wajib memperbaiki.

Dengan demikian, pihaknya berharap sebelum tahun 2022, akan bertemu dengan pihak perusahaan yang menggunakan jalan umum yang dimaksud. Pasalnya, kondisi jalan saat ini sangat dikeluhkan oleh masyarakat.

 

(Hary Reymondo)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments