P. Raya

Korem 102 Panju Panjung Resmikan Rumah Sakit Lapangan TNI-AD

PALANGKA RAYA - Komando resort militer satu nol dua (102) panju panjung kalimantan tengah bangun rumah sakit lapangan tni-angkatan darat yang difokuskan bagi pasien isolasi covid-19 tanpa gejala hingga bergejala ringan. Hal ini guna menekan dan mengantisipasi lonjakan kasus terkonfirmasi covid-19 di kota palangka raya, serta memberikan pelayanan kesehatan bagi pasien isolasi covid-19.

Guna mengantisipasi lonjakan kasus terkonfirmasi covid-19, korem 102 panju panjung kalimantan tengah mendirikan rumah sakit lapangan yang dikhususkan bagi pasien isolasi covid-19. Rumah sakit lapangan ini berdiri tujuh tenda darurat di depan halaman rumah sakit tni-ad, di jalan diponegoro, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, senin kemarin, 9 agustus 2021.

Rumah sakit lapangan tersebut di kapasitas tempat tidur yang mampu menampung enam puluh lima (65) calon pasien covid-19 yang akan menjalani perawatan isolasi.

Di tenda tersebut juga dilengkapi fasilitas alat kesehatan, yakni cek suhu badan, cek tensi serta tabung oksigen, dan petugas kesehatan yang berjaga, guna memantau dan melakukan pemeriksaan kesehatan pasien.

Komandan korem 102 panju Panjung Kalimantan Tengah, Brigjen Tni Purwo Sudaryanto mengatakan, sebelumnya angka kasus positif covid-19 beberapa pekan terakhir mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Sementara disejumlah rumah sakit di kota palangka raya, ruang perawatan yang menangani pasien covid-19 terbatas, sehingga perlu penambahan tempat pelayanan kesehatan dengan mendirikan rumah sakit lapangan.

Didirikanya rumah sakit lapangan tni-ad ini sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah daerah, guna antisipasi lonjakan kasus terkonfirmasi positif covid-19 serta memberikan pelayanan bagi kesehatan pasien yang terkonfirmasi covid-19.

Rumah sakit lapangan ini juga akan difokuskan sebagai tempat perawatan isolasi terpusat bagi pasien covid-19 orang tanpa gejala ( otg ) dan orang memiliki gejala ringan.

Selain itu, dapur lapangan bagi rumah sakit lapangan juga telah disediakan/ dari bahan makanan pokok hingga peralatan masak telah disiapkan dengan melibatkan sejumlah personel tni dari denbekang korem 102 panju panjung.

Danrem 102 panju panjung mengatakan, dengan didirikan rumah sakit lapangan ini diharapkan dapat memantau dan memberikan pelayanan kesehatan bagi pasien isolasi covid-19, sehingga kasus terkonfirmasi positif covid-19 di kalimantan tengah khususnya kota palangka raya dapat ditekan.

 

(Surya Adi Winata)

 

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments