P. Raya

Latih Kemampuan Tangani Laporan ODGJ

PALANGKA RAYA – Tidak sedikit masyarakat Kota Palangka Raya yang resah dengan kemunculan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Hal ini dapat dibuktikan dengan beberapa laporan yang masuk ke Call Center 112 kegawatdaruratan terkait keberadaan ODGJ di permukiman. 

Oleh karena itu, perlu adanya latihan pemantapan dalam penanganan ODGJ agar tidak ada satupun personel yang salah dalam penerapannya di lapangan dan sesuai dengan standar operasional prosedur. Seperti yang digelar oleh Tim Rescue Layanan Cepat Emergency Call (LCEC) 112/Call 112 Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Palangka Raya. 

Menurut Kepala Seksi Pengendali Operasi dan Komunikasi Penyelamatan, Bidang Penyelamatan, Sucipto, latihan tersebut dilakukan disela-sela tidak ada laporan penanganan yang masuk ke call center. 

Dia mengharapkan, para personel dapat menggunakan cara-cara yang telah diajarkan ketika dalam situasi berhadapan langsung dengan ODGJ yang dapat membahayakan orang-orang di sekitarnya karena apa yang telah dilatih itu, sudah berdasarkan standar operasional prosedur. 

“Segala tahapan-tahapan hingga sampai kepada pengevakuasian telah dipraktikkan. Cara-cara tersebut sesuai SOP. Kita melakukan penyelamatan oleh karena itu jangan sampai menyakiti bahkan melukai diduga ODGJ yang hendak kita evakuasi,” tuturnya Minggu 12 Desember 2021.

Sementara itu, Kepala DPKP, Dra Gloriana MM pelayanan kedaruratan Call 112 untuk mendukung dan mewujudkan visi dan misi dari Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin SE dan Wakil Walikota Palangka Raya Hj Umi Mastikah SH, demi kemajuan Kota Palangka Raya. 

Ditambahkan Gloriana, misi Smart Environment, lingkungan cerdas meliputi pengembangan teknologi informasi melalui Layanan Cepat Emergency Call 112 dan Smart Society. Sehingga terwujud masyarakat cerdas dalam memanfaatkan teknologi untuk pelayanan publik.

“Terimakasih bapak wali kota dan ibu wakil walikota, sekda dan semua pimpinan OPD, instansi, lembaga, stakeholder terkait atas dukungan kepada Call Center 112,” pungkas Gloriana. 

 

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments