Barsel

Lisda Arriyana: Program BSPS Diharapkan Mampu Tumbuhkan Permukiman Yang Bersih dan Sehat

BUNTOK - Saat berpidato diacara penyerahan buku tabungan penerima bantuan BSPS tahun 2022 dan lounching gerakan "Nangkaeh Tumpuk Takam" (perbaikan kampung kita) yang berlangsung diaula kantor desa Pamait, Rabu (19/10/2022), Lisda Arriyana Pj Bupati Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah mengatakan, program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) diharapkan mampu mempercepat tumbuhnya perumahan dan permukiman yang bersih maupun sehat serta dapat mempercepat penurunkan angka kemiskinan, penanganan stunting dan penderita TBC serta dapat mencegah timbulnya perumahan dan pemukiman kumuh di Kabupaten setempat.

"Alhamdulillah pada tahun ini Kabupaten kita memperoleh bantuan BSPS sekitar 95 unit rumah yang tersebar di tiga desa di Kecamatan Dusun Selatan," imbuhnya.  

Ia menjelaskan, rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang memiliki fungsi strategis sebagai tempat tinggal yang layak huni dan sebagai sarana pembinaan keluarga guna membangun cerminan harkat dan martabat penghuninya serta aset bagi pemiliknya.

Lisda mengungkapkan, negara bertangung jawab melindungi segenap bangsa Indonesia, melalui penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman agar masyarakat mampu bertempat tinggal serta menghuni rumah yang layak dan terjangkau di dalam lingkungan yang sehat, bersih aman, harmonis dan berkelanjutan di wilayah Indonesia.

Ia mengatakan, dalam kegiatan ini pemerintah pusat, provinsi maupun daerah mempunyai kewajiban memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah yaitu dengan cara memberikan kemudahan atau bantuan berupa perbaikan maupun pembangunan baru rumah dan prasarana serta fasilitas umum, hal ini tertuang di PP No. 14 tahun 2016 Jo PP No. 12 tahun 2021 pasal 38 ayat (2) tentang penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman.

Ia melanjutkan, program BSPS ini diberikan oleh pemerintah pusat melalui Kementrian PUPR. untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah di Kabupaten Barsel ini. Sedikitnya ada 95 unit yang berada di tiga desa yaitu desa Pamait mendapatkan 25 unit, Danau Sadar 35 unit dan Teluk Mampun 35 unit rumah dengan jumlah bantuan 20 juta/KK dengan rincian 17,5 juta untuk bahan material dan 2,5 juta untuk upah pekerja (tukang).

"Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Kementrian PUPR dan Satker Balai pelaksana penyedian perumahan provinsi Kalimantan Tengah atas bantuan yang diberikan ini, semoga ditahun-tahun berikutnya Barsel bisa tetap mendapatkan alokasi penerima bantuan BSPS dengan jumlah unit lebis besar dari jumlah sekarang," pungkas Lisda Arriyana.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments