P. Raya

Mahasiswa KKN Bersama Pemdes,dan Warga Desa Bukit Bamba Melakukan Penghijauan Di sekitaran Desa.

PALANGKA RAYA - Program pembagian bibit Kementrian Lingkungan hidup dan Kehutanan (KLHK) secara gratis merupakan program rutin yang diadakan setiap tahun. Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh mahasiswa KKN Reguler Kelompok 84 Desa Bukit Bamba, melalui Persemaian Permanen,Tumbang Nusa. Hal ini dirasa penting,selain sebagai pemenuhan program kerja mahasiswa kelompok 84 juga sebagai suatu bentuk Kerja Nyata yang diberikan oleh mahasiswa kepada warga desa Bukit bamba, dengan mengerahkan 200 bibit yang terdiri dari berbagai jenis pohon dan buah. Diantaranya : Tambesi (20),  Bungur (20), Tabebuya (20), Durian (40), Jeruk (20), Petai (20), Sirsak (20) dan Kelengkeng (30).

Diharapkan kegiatan ini mampu memberikan manfaat bagi masyarakat terkhusus Warga desa Bukit Bamba, bekerja sama dengan Pemerintah desa, Babin Bukit Bamba, ketua RT,RW serta Kepala sekolah SD desa Bukit Bamba.

Bima Adhitya selaku ketua kelompok KKN 84 UPR   berharap, kegiatan ini dapat membangun rasa kekeluargaan antara mahasiswa dan masyarakat untuk melakukan hal lebih besar kedepan selama mereka berada di sana. Orang Nomor satu FKIP UPR itu juga menambahkan kegiatan ini didasari kepedulian mereka terhadap ekologi Indonesia.

"Saya mengharapkan ini menjadi suatu hal yang baik untuk membentuk rasa kekeluargaan dan kesolidan,dan keharmonisan dalam hubungan mahasiswa dan Masyarakat Desa Bukit Bamba Khususnya" ujar Bima.

Selaras dengan yang disampaikan Bima, Kepala Desa Bukit Bamba Aryanto,S.Pd juga menyampaikan, dengan adanya kegiatan Mahasiswa diharapkan mampu memberikan kesadaran kepada warga desa terkait pentingnya menjaga lingkungan Melalui penghijauan. Kegiatan ini dirasa mampu memberikan manfaat Bagi warga desa khususnya Desa Bukit Bamba.

Lima manfaat penghijauan di lingkungan desa antara lain mengurangi pencemaran udara disekitar lingkungan, menambah resapan air hujan untuk air tanah dan mencegah banjir, membuat lingkungan desa menjadi hijau, asri dan banyak oksigen.

Di tempat yang sama DPL Dr.Johana Maria Rotinsulu berharap kegiatan yang digagas oleh Mahasiswa KKN UPR tahun 2023 sebagai edukasi kepada masyarakat agar dapat menjaga tanaman dan selalu mendukung skema pembangunan hijau.

Sebagai DPL, saya berharap masyarakat Desa Bukit Bamba dapat menjaga tanaman da dibudidayakan kedepannya. Selain itu, dengan adanya kegiatan Penghijauan Desa yang digagas oleh Mahasiswa KKN UPR 2023 ini, hasil dari penanaman bisa dinikmati oleh warga desa dikemudian hari dan akan mendukung Program Pemerintah Daerah khususnya dalam skema Pembangunan Hijau."   tutupnya

 

(Marselinus Darman)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments