P. Raya

Masa Pensiun Bukanlah Akhir Dari Pengabdian Dan Harus Bisa membuka Peluang Usaha Sendiri

PALANGKA RAYA - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) resmi membuka kegiatan pembekalan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan memasuki masa purna tugas. Pembukaan ini berlangsung di Aula Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan,Yang Sudah Berlangsung Kemarin, Kamis, tanggal 26 September 2024.

Lisda Arriyana saat usai Kegiatan Senam Bersama ASN Dihalaman  Kantor Gubernur Kalteng menyampaikan, pentingnya pembekalan ini sebagai upaya mempersiapkan para PNS agar tetap produktif dan aktif meskipun sudah tidak lagi terikat dengan pekerjaan formal di pemerintahan.

“Masa pensiun bukanlah akhir dari pengabdian, tetapi merupakan fase baru dalam kehidupan. Pembekalan ini diharapkan dapat membantu para PNS dalam merencanakan masa depan mereka dengan baik,"Jelasnya.

Kegiatan pelatihan  ini diikuti oleh 134 peserta PNS dari berbagai instansi di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang akan memasuki masa pensiun dalam beberapa tahun ke depan. Materi yang diberikan meliputi manajemen keuangan, kewirausahaan, sebagai bekal persiapan menjelang masa purna tugas.

Bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan mental dan keterampilan para PNS agar mereka dapat menjalani masa pensiun dengan lebih mandiri dan sejahtera. Yaitu tadi dengan Bank Kalteng yanga akan bekerjasama juga dalam permodalan untuk usaha UMKM.

“Untuk menghadapi masa pensiun atau purna tugas, kita perlu mengubah cara pandang yang normatif selama ini dengan memberikan persiapan aspek psikologis maupun fisik. Persiapan dalam memanfaatkan kesempatan merupakan elemen mendasar menjelang masa pensiun yang akan dihadapi nantinya, termasuk kesiapan dalam melihat peluang berwirausaha,"Ungkapnya.

Seperti Wirausaha yang dapat nilai tambah ekonomi keluarga, seperti juga berkebun,beternak,dengan Membuka lapak UMKM dan masih banyak lagi yang bisa menghasilkan nilai tambah ekonomi keluarga.

“Ini semua untuk masa depan kita ,pensiun bukanlah hal yang harus tidak bisa melalukan apa apa, yang seperti saya katakan tadi BKM telah membuka Pembekalan Bagi pegawai negeri yang akan Purna tugas/pensiun,"Tutup Lisda.

 

(Era Suherti)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments