P. Raya

Muhammad Rizal Prabowo: SMK Disesuaikan dengan Potensi Sumber Daya Daerah di Kalteng

PALANGKA RAYA – Muhammad Rizal Prabowo menyampaikan pentingnya menyesuaikan program pendidikan kejuruan dengan potensi sumber daya alam yang ada di setiap kabupaten di Kalimantan Tengah. Hal ini ia sampaikan sejalan dengan pandangan Plh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat yang sebelumnya menekankan pentingnya pemanfaatan sumber daya daerah untuk peningkatan kualitas pendidikan vokasi.

"Sumber daya di Kalimantan memang sangat luar biasa, jadi kami sudah menyesuaikan pendidikan SMK dengan potensi sumber daya yang ada, disesuaikan dengan kabupaten masing-masing," ungkap Rizal.

Sebagai contoh, Rizal menyebutkan bahwa di wilayah timur Kalteng yang kaya akan batu bara, pihaknya akan menggiatkan pembentukan SMK dengan spesialisasi pertambangan. "SMK pertambangan akan kami fokuskan di daerah-daerah penghasil batu bara," jelasnya.

Selain itu, Rizal juga mencontohkan pengembangan di Sukamara yang dikenal dengan proyek Shrimp Estate, di mana pihaknya akan menyiapkan SMK dengan fokus kelautan dan perikanan. "SMK kelautan dan perikanan akan kami siapkan untuk mendukung potensi daerah seperti Shrimp Estate di Sukamara," tambahnya.

Rizal juga menegaskan bahwa Dinas Pendidikan Kalteng bekerja sesuai arahan Plh Asisten untuk mempercepat pembentukan struktur melalui SK Gubernur, khususnya terkait tim koordinasi atau konsultansi daerah.

(Muhammad Rifqi Al Khafis)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments