P. Raya

Tanggapan Hima Daerah Sekalteng Terhadap Deklarasi Oknum Mengatasnamakan Mahasiswa dan Aktivis Se-Kalimantan Tengah

PALANGKA RAYA - Himpunan Mahasiswa Daerah Sekalimantan Tengah angkat bicara soal tindakan sejumlah oknum yang mengatasnamakan mahasiswa dan aktivis Kalimantan Tengah dalam sebuah deklarasi untuk mendukung salah satu pasangan calon Gubernur yang dinilai tidak mencerminkan suara kolektif mahasiswa.

Ramainya perbincangan baru-baru ini dimedia sosial, setelah viral beredarnya vidio pada salah satu akun tiktok "huma.betang" yang meperlihatkan sejumblah oknum yang mendekarasikan diri sebagai mahasiswa dan aktivis Se-Kalimantan Tengah untuk mendukung salah satu calon gubernur, tentu hal tersebut banyak menuai pro dan kontra dari berbagi pihak.

Komonikator Hima daerah Se-Kalteng, Fardoari di dampingan ketua dari beberapa Hima kabupaten ang ada di Kalimantan Tengah menyatakan, bahwa deklarasi tersebut tidak merepresentasikan aspirasi mahasiswa secara keseluruhan,

mengingat marwah mahasiswa selain kaum terpelajar, juga merupakan katalisator perubahan dan juga sebagai corong aspirasi masyarakat. “Kami menegaskan bahwa tindakan ini sangat disayangkan, karena justru dapat mencederai citra dan marwah mahasiswa, mengingat mahasiswa juga punya peran penting dalam perubahan ditataran Masyarakat, sehingga kami mengajak semua

elemen mahasiswa untuk tetap bersatu dan jeli dalam menyikapi hal tersebut, mengingat narasi yang di bangun dalam deklarasi tersebut, mengatas namakan suara dari Mahasiswa se- Kalimantan Tengah,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Fardoari menekankan pentingnya komunikasi yang baik antar organisasi mahasiswa untuk menghindari kesalahpahaman yang dapat memecah belah. Hima Sekalteng juga berencana untuk menggelar diskusi terbuka guna membahas isu-isu yang dihadapi setiap kabupaten yang ada di Kalimantan Tengah dan mencari solusi bersama.

Hima Sekalteng berharap agar semua pihak yang terlibat dalam deklarasi tersebut, dapat menghormati pandangan yang disampaikan oleh Himpunan Mahasiswa Daerah di Kalimantan Tengah, dan fokus pada upaya membangun dialog konstruktif demi kemajuan bersama.

Adapun dalam risilis resmi yang di keluarkan Hima daerah Se-Kalteng dihadiri oleh beberapa perwakilan Hima Daerah Kupaten/Kota diantaranya Hima Bartim, Hima Seruyan, Hima Pulang Pisau, Hima Palangka Raya, Hima Lamandau, Hima Pakat Katingan, dan IPMK Kota Waringin Timur.

 

(Fardoari)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments