P. Raya

Nasib Rangkong Gading (Rhinoplax vigil) & Rangkong Badak (Buceros rhinoceros) Di Tanah Barito Yang Masih Diburu  

Rangkong Gading (Rinoplax vigil) merupakan salah satu spesies burung yang berukuran sangat besar dalam keluarga Rangkong. Spesies ini dijumpai di Semenanjung Malaya, Sumatera, Borneo, Thailand dan Myanmar.

Casque (struktur mirip helm di kepala) menyumbang sekitar 11% dari berat 3 kgnya. Tidak seperti burung enggang lainnya, penutup kepalanya hampir kokoh, dan digunakan dalam pertarungan satu lawan satu di antara burung enggang jantan. Rangkong gading dimasukkan ke dalam daftar hampir terancam punah menjadi sangat terancam punah dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah IUCN pada tahun 2015. Burung ini terdaftar dalam Lampiran I CITES. 

Kasus perburuan Rangkong Gading (Rhinoplax vigil) ini ditemukan di salah satu wilayah Barito, dan dengan ditemukannya bukti ini menandakan bahwa perburuan spesies rangkong masih terjadi. Adapun temuan bukti lainnya sepeti bukti kepala Rangkong Badak (Buceros rhinoceros).  

Dengan temuan bukti ini semua menandakan bahwa alam Kalimantan, khususnya alam Kalimantan tengah masih saja terdegradasi dari sumber daya alamnya. Hal ini dipengaruhi oleh adanya eksploitasi alam serta minimnya pengetahuan terkait konservasi satwa Kalimantan itu sendiri. 

Jadi bagaimana upaya kita sebagai penerus dan sebagai orang yang paham akan konservasi mengenai permsalah ini. Akankah kita hanya duduk diam dan mendengar suara-suara dari hewan ini menjerit dari media, ataukah kita akan bergerak untuk keberlanjutan dari Burung Rangkong yang terkonservasi ?

 

(Fardoari Reketno)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments