Business

Pemkab Lakukan Pemeliharaan Jalan di Titik Kerusakan

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) kembali melakukan pemeliharaan jalan dalam Kota Sampit salah satunya Jalan HM Arsyad. Pemeliharaan diutamakan hanya pada titik-titik kerusakan, tidak keseluruhan. Sedangkan perbaikan secara keseluruhan direncanakan akan dilakukan pada tahun 2022

Bupati Kotim Halikinnor menyebut pemeliharaan jalan, dilakukan dari simpang 4 HM Arsyad dengan Jalan Pelita hingga Bundaran KB.

“Saya minta maaf kepada masyarakat yang berlalu lintas sedikit terganggu. Ini sifatnya hanya sementara. Alhamdulillah sekarang ini sudah mulai dikerjakan, mudah-mudahan ini cepat selesai. Pemeliharaan ini menggunakan agregat A,” kata Halikinnor saat meninjau perbaikan jalan itu, Jumat (05/11/2021).  

Ia menjelaskan, perbaikan jalan secara keseluruhan memerlukan biaya cukup besar, selain itu material untuk perbaikan juga harus melalui lelang sehingga memerlukan proses yang panjang, tidak seperti pemeliharaan pada bagian rusak parah yang dapat langsung dikerjakan.

Halikinnor menyebut kerusakan jalan tersebut diduga lantaran seringnya dilalui oleh kendaraan dengan tonase yang melebihi kapasitas kekuatan jalan.

“Saya sudah meminta Dinas PUPR berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk terus memantau kendaraan yang melintas pada jalan tersebut terutama kendaraan dengan tonase hingga 20 ton, karena kemampuan jalan ini 8 ton,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kotim Mentana Dhinar Tistama mengungkapkan, pemeliharaan jalan ini sesuai instruksi Bupati Kotim, untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. Sementara total panjang jalan yang dilakukan pemeliharaan yaitu 1400 meter. Pemeliharaan jalan hingga pengaspalan jalan akan memakan waktu sekitar dua minggu. Sehingga masyarakat diminta untuk lebih berhati-hati saat melintas di jalan tersebut. 

(Altius)

 

 

You can share this post!

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

0 Comments

Leave Comments