Kotim

Persiapan Purna Tugas ASN Dilatih Kewirausahaan

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) membekali Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan purna tugas dengan pelatihan kewirausahaan. Kegiatan tersebut merupakan program pemerintah agar para ASN memiliki persiapan untuk menghadapi masa purna tugas atau pensiun

Wakil Bupati Kotim Irawati mengatakan dengan ada kegiatan ini diharapkan peserta memiliki gambaran atau rencana yang akan dilakukan ketika memasuki purna tugas.

“Kalau sudah pensiun gaji berkurang secara signifikan. Dengan adanya pelatihan dapat mengubah cara hidup dari abdi negara menjadi wirausaha mandiri yang tentunya akan menjadi sebuah tantangan,” kata Irawati, Selasa (02/11/2021).

Ia menyebut, meskipun bukan lagi sebagai ASN, mereka nantinya akan tetap berkontribusi bagi daerah. Dengan membuka usaha kemudian merekrut tenaga kerja, itu juga salah satu kontribusi bagi pemerintah.

Di tempat sama, Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kotim Alang Arianto mengungkapkan, peserta yang mengikuti kegiatan tersebut merupakan ASN yang akan menghadapi purna tugas pada tahun 2022, berjumlah  40 orang.

Sedangkan untuk tahun 2021, jumlah peserta yang memasuki masa pensiun ada sebanyak 186 ASN. Terkait usia pensiun ASN sendiri sesuai dengan aturan adalah 60 tahun bagi ASN fungsional dan 58 untuk struktur atau terampil. 

(Altius)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments