P. Raya

Pemkot Palangka Raya Dorong Pelaku Umkm Perikanan Menasion

PALANGKA RAYA - Pemerintah kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah terus berupaya mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah, di tengah masa pandemi covid-19.selain itu, juga membantu pelaku umkm yang memiliki legalitas di bidang pengolahan perikanan agar dapat memasarkan produk umkm ke luar daerah maupun nasional.

Pemerintah kota palangkaraya melalui dinas perikanan kota Palangka Raya berupaya mendorong pelaku umkm di bidang pengolahan perikanan lokal dalam suatu program pemasaran produk-produk lokal untuk di pasarkan keluar daerah hingga nasional.

Seperti kelompok usaha pengolahan hasil perikanan atau disebut dengan nama tampung parei, bertempat tinggal di jalan tingang VII B, bukit bangapan nomor 2,  kelurahan palangka, kecamatan jekan raya, kota palangka raya.

Kelompok madya ini di ketuai oleh yuliatma dan beranggotakan 10 orang. Kelompok usaha ini telah berdiri sejak tahun 2015 dan memanfaatkan hasil olahan dari perikanan khas lokal di kalimantan tengah seperti ikan saluang dan ikan lais untuk di jadikan olahan keripik. Tidak hanya olahan keripik ikan saja, olahan dari bahan dasar baku tanaman talas pun di olah menjadi keripik.

Kasi bidang pengolahan dan pemasaran produk perikanan - dinas perikanan kota palangkaraya/ alex uria atmadja mengatakan, pihaknya memiliki program unggulan dan strategis serta membantu sosialisasi dan bimtek di masa pandemi covid-19 sekarang.

Alex menambahkan melalui program ini, pihaknya mendukung legalitas kelembagaan usaha dan juga mempromosikan hasil olahan perikanan dari pelaku umkm yang bergelut di bidang perikanan.

Sementara ketua kelompok tampung parei, Yuliatma mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan adanya pendamping dan dukungan serta penerbitan sertifikat kelayakan pengolahan dari dinas perikanan dalam hal pembuatan panduan mutu pengolahan hasil perikanan.

Ia berharap dengan adanya dukungan dan apresiasi dari pemerintah daerah bagi pelaku UMKM, hasil olahan produksi perikanan khususnya di kota Palangka Raya bisa menasional.

(Surya Adi Winata)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments