Barut

Pemprov Kalteng Gelar Buka Bersama  Di Masjid Jami Darut Taqwa Kabupaten Barito Utara

Barito Utara –  Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) menggelar Safari Ramadan di Masjid Jami Darut Taqwa, Kelurahan Jambu, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara, Senin 18 April 2022 sore kemaren. 

Kabid Kawasan Permukiman Dinas Perkimtan Prov. Kalteng A. Elpiansyah menyampaikan, selain memupuk jalinan silaturahmi, safari ramadan ini merupakan salah satu wadah untuk menyerap aspirasi, inspirasi dan informasi dari masyarakat.

“Mari bersama-sama kita tunjukkan bahwa Kalimantan Tengah dibangun dengan suasana kekeluargaan dan kebersamaan dalam semangat Huma Betang, demi terwujudnya Kalimantan Tengah BerAkhlak penuh dengan Keberkahan”, tutur A. Elpiansyah saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran.

A. Elpiansyah juga mengajak sekaligus menghimbau seluruh masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Ia juga meminta kepada warga masyarakat khususnya di Kecamatan Teweh Baru untuk senantiasa meningkatkan kualitas amal ibadah di bulan Ramadan dengan penuh khidmat, khusyuk dan penuh kedamaian sehingga amal ibadah yang dikerjakan Ibadah Puasa dapat terlaksana dengan baik dan lancar, sebagai insan yang memiliki derajat ketaqwaan yang tinggi disisi Allah SWT.

Selain itu, A. Elpiansyah mengutarakan bahwa Kabupaten Barito Utara, secara langsung berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Timur, berharap masyarakat khususnya di Kecamatan Teweh Baru untuk mendukung program Food Estate di Kalteng.

Plt. Camat Teweh Baru Joni saat menyampaikan Sambutan Pemerintah Kabupaten Barito Utara menghaturkan salam hormat dan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya dari warga masyarakat Kecamatan Teweh Baru, kepada Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran beserta jajaran, yang telah memberikan bantuan serta dukungan material hingga bisa terbangun permanen Konstruksi Beton dan saat ini telah berfungsinya Masjid Darut Taqwa di Kelurahan Jambu.

“Alhamdulillah, bantuan yang telah diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sangat bermanfaat bagi kami warga Masyarakat Kelurahan Jambu Kecamatan Teweh Baru, sehingga kami Jemaah Masjid dapat melaksanakan Ibadah lebih khusyuk. Warga masyarakat di Kecamatan Teweh Baru sangat berbangga dengan kunjungan silaturahmi yang pertama kali terlaksana sekaligus pelaksanaan Safari Ramadan dan berbuka puasa bersama di Kelurahan Jambu”, tandasnya.

Sementara itu, Lurah Jambu Nurhan selaku Ketua Panitia Pelaksanaan Acara Silaturahmi dan Safari Ramadan Pemprov Kalteng Tahun 1443 H sekaligus sebagai Ketua Panitia Pembangunan Masjid Jami Darut Taqwa mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran beserta jajaran, yang telah mengutus Tim Safari Ramadan 1443 H/2022 M,  Pemprov Kalteng bisa secara langsung bersilaturahmi yang pertama kalinya bersama di Masjid Jami Darut Taqwa.

Nurhan dalam laporannya menyampaikan bahwa, Masjid Jami Darut Taqwa dibangun pada Tahun 1941, yang merupakan Mesjid Tertua di Kelurahan Jambu dan tertua kedua setelah Masjid Jami Abdurrahman di Muara Teweh. Masjid Jami Darut Taqwa dibangun melalui swadaya masyarakat,  dan direnovasi mulai Tahun 2016 sebelumnya konstruksi bangunan kayu menjadi bangunan Permanen Konstruksi Beton.

“Alhamdulillah dari Pemerintah Provinsi, telah tiga tahap memberikan bantuan, mulai Tahun 2017 melalui dana pembangunan fisik  sebesar Rp. 750 Juta, Tahun 2019 bantuan berupa bangunan Fisik yang kedua sebesar Rp. 543 Juta dan pada Tahun 2021, diberikan bantuan dana Hibah sebesar Rp. 100 Juta. Sekali lagi kami menyampaikan ucapan Terima Kasih dan penghargaan yang tak terhingga kepada  Bapak H.Sugianto Sabran. Semoga Bapak Gubernur Kalimantan Tengah selalu diberikan Kesehatan dalam menjalankan tugas dan menjadi amal ibadah bagi kita semua”, tutupnya.

Acara safari ramadhan ini berlangsung dengan lancar dan khidmat diawali dengan Pembacaan Ayat Suci Al Quran, dilanjutkan dengan sambutan Gubernur Kalteng, penyerahan bantuan dari Pemprov Kalteng, ceramah Agama oleh Ustadz H.Muhammad Saman dan diakhiri dengan Buka Puasa Bersama. Pada kesempatan tersebut, Pemprov Kalteng menyerahkan tali asih melalui Tamir masjid menyerahkan tali asih melalui Tamir Masjid berupa Rp. 10.000.000,- serta Sarung 40 lembar dan mukena 60 lembar.

Safari Ramadan dihadiri Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Barito Utara terkait, Ketua Tamir Masjid H.Murni, Penceramah Ustadz H.Muhamad Salman, Tokoh Masyarakat serta Tokoh Agama dan masyarakat sekitar.


 (Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments