Seruyan

Perhatikan Ketersediaan Alsintan Dan Pengelolaan Hasil Panen Petani

KUALA PEMBUANG - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan berharap agar Pemerintah daerah bisa melihat potensi para petani, untuk menjadikan seruyan daerah swasembada pangan dan mampu menjamin ketahanan pangan daerah.

Ketua DPRD Seruyan, Zuli Eko Prasetyo menyampaikan bahwa Kabupaten Seruyan memiliki potensi lahan pertanian yang luas, sehingga untuk memaksimalkan hal tersebut perlu adanya upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) petani melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat.

“ ini saya tekankan untuk dinas terkait agar bisa melihat potensi petani dan mengembangkan itu. Terutama para petani padi yang setiap panen hasilnya melimpah sampai di jual keluar daerah hal itu harus di lihat sebagai peluang dalam swasembada pangan daerah,” Katanya Sabtu 27/5/2023.

Berkaitan dengan potensi lahan untuk menanam padi yang dimiliki Kabupaten Seruyan dirinya meminta agar dinas terkait bisa semakin memperhatikan kebutuhan para petani dalam mengelola lahan persawahanya, baik dari saluran irigasi, atau ketersedian alsintan bagi petani.

Menurutnya sampai saat ini masih banyak keluhan dari petani yang kesulitan dalam mengeloala panen, karean masih kekurangan alsintan saat terjadi panen raya sehingga banyak para petani yang kerepotan sehingga menyebabkan benih yang di apat tidak maksimal.

“Dalam pembinaan pertanian di Seruyan ini saya berharap adanya terobosan daerah, baik dalam segi ketersedian alsintan, pemasaran dan pengelolaan padi, sebab saat ini padi kita hanya dibeli para tengkulak dari luar kota dengan harga yang terkadang tak sesuai, sebab tidak ada pengelolaan padi di daerah kita, sehingga mereak bisa sesuka hati menetapkan harga, yang berakibat pada penurunan keuntungan patani kita,” ungkapnya.

(Giya)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments