Kalteng

Persiapan Pameran Ikan Channa Festival Pertama Di Kalteng

PANGKALAN BUN - Untuk kali pertama di Kalteng pameran dan festival, ikan Channa Red Maruliodes atau yang di kenal dengan Channa Maru di selenggarakan oleh DPRD Cap 1 Kobar.

Dalam pelaksanaan pameran channa festival, panitia membuka pendaftaran selama 2 hari, yaitu pada tanggal 20 dan 21 januari 2022 untuk memberi kesempatan para peserta dari luar Pangkalan Bun, untuk memasukan ikan kedalam aquarium. Penjurian akan dilakukan pada tanggal 22 dan 23 januari 2022.

Tingginya animo masyarakat, yang hendak melihat ikan Channa Maru, terbaik dari seluruh Indonesia yang berasal dari Kalimantan Tengah seperti channa red Pangkalan Bun Channa Red Sampit, Channa Red Barito serta ikan yang berasal dari negara India seperti, Channa Auranti Karbialong dan Channa Blue Pulcra dipamerkan di arena cafe kopi petik Pangklan Bun.

Hal ini dimaksudkan agar masyarakat, bisa melihat dari dekat endemik Kalimantan bernama ikan Peyang atau Channa Maru yang dulunya dikonsumsi, masyarakat kini memiliki nilai jual yang tinggi dan pemasarannya hingga keluar Negeri karna keindahan sisiknya yang berwarna putih, seperti bunga.

Semakin banyak bunga yang timbul di tubuh ikan channa maru hingga ke bagian ekor maka semakin tinggi nilai jualnya hingga, mencapai puluhan juta rupiah.

(Rudi Bintoro)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments