P. Raya

Plh. Staf Ahli Gubernur Kalteng Buka Rapat Asistensi dan Supervisi LPPD Kabupaten/Kota

PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Rapat Asistensi dan Supervisi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kabupaten/Kota Regional Kalteng yang diresmikan oleh Plh. Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Ahmad Husain, mewakili Plt. Sekda Kalteng di Hotel Luwansa Palangka Raya, Senin (7/10/2024).

Ahmad Husain, mewakili Plt. Sekda Provinsi Kalteng, secara resmi membuka Rapat Asistensi dan Supervisi LPPD Kabupaten/Kota Regional Kalimantan Tengah di Hotel Luwansa, Palangka Raya pada Senin (7/10/2024). Rapat ini dihadiri secara virtual oleh Direktur Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah Ditjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Imelda.

Dalam sambutannya, Ahmad Husain menyampaikan bahwa pelaksanaan rapat ini merupakan bagian dari tugas yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada provinsi, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Gubernur, sebagai Wakil Pemerintah Pusat (GWPP), bertugas melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pemerintah kabupaten/kota agar menjalankan otonomi dengan baik sesuai dengan Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) yang ditetapkan.

Ahmad Husain juga menekankan pentingnya kehadiran narasumber dari Subdit Wilayah III Direktorat EKPKD Ditjen OTDA Kemendagri. Mereka merupakan bagian dari Tim Nasional Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) yang bertugas memvalidasi hasil evaluasi LPPD. Rapat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kualitas penyediaan data agar LPPD dapat lebih baik, serta memperbaiki sejumlah Indikator Kinerja Kunci (IKK) yang mendapat notisi pada evaluasi sebelumnya.

Selain itu, Husain berharap hasil dari rapat ini dapat memotivasi seluruh jajaran pemerintahan, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, untuk terus meningkatkan kinerja dan tata kelola pemerintahan yang lebih baik.

Rapat ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, di antaranya Plt. Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Kalteng, Rusita Murniasi, Plt. Kepala Perwakilan BPKP Kalteng, Hanggara Atmana, serta Tim Penyusun LPPD Kabupaten/Kota se-Kalteng dan Tim Daerah EPPD Provinsi Kalteng.

(Hariri)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments