Business

Presiden RI Siapkan Kalteng Sebagai Lumbung Padi Nasioanal

PULANG PISAU - Dengan menggunakan helikopter dari bandara Tjilik Riwut palangka raya, menteri pertanian republik indonesia Dr. H. Syahrul yasin limpo beserta jajarannya didampingi gubernur kalimantan tengah Sugianto Sabran beserta Danrem Panju Panjung, Kapolda Kalimantan Tengah Brigjen Pol. Dedi Prasetyo mengunjungi kabupaten Pulang Pisa tepatnya di  desa belanti siam sebagai salah satu desa penghasil beras terbesar di wilayah Kalteng,

Kalteng di daulat sebagai  penyangga pangan bagi Provinsi Kalimantan Tengah, kunjungan ini juga dalam rangka menjalankan perintah dan arahan  Presiden RI  Joko Widodo yang menginginkan Kalteng mendapatkan perhatian khusus dalam optimalisasi sektor pertanian untuk menjadikan kabupaten pulang pisau sebagai salah satu lumbung padi nasional serta  menjadi satu pusat kekuatan ekonomi dalam program ketahanan pangan nasonal.

Kunjungan tersebut disambut langsung  Bupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo didampingi Wakil Bupati Pudjirustaty Narang,  Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pulang Pisau Yoppy Satriadi serta unsur Muspida lingkup pemerintah Kabupaten Pulang Pisau serta  masyarakat Desa Belanti Siam yang antusias menyambut rombongan menteri  pertanian yang berkunjung kedesa mereka.

Pada kunjungan menteri kali ini juga sekaligus melakukan  penanaman padi serentak secara simbolis oleh Menteri Pertanian, Gubernur dan Bupati Pulang Pisau, serta ibu ibu petani yang ada didesa Belanti Siam.

Usai melakukan tanam padi serentak secara simbolis Gubernur Kalimantan Tengah dalam pidato sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi  serta berterima kasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini Presiden Joko Widodo atas perhatiannya kepada Provinsi Kalimantan Tengah khusunya kabupaten pulang pisau.  Gubernur juga menyampaiakn Pemprov Kalteng siap menjadi lumbung pangan bagi indonesia, salah satunya dengan menyediakan lahan pertanian dan mendukung program yang di gulirkan pemerintah pusat dan bersinergi dengan program daerah yang telah di laksanakan selama ini.

Disela sela sambutannya orang nomor satu di bumi tambun bungai ini menyelipkan doa terbaik bagi rombongan mentri pertanian Syahrul Yasin Limpo yang berkunjung ke Kalteng semoga membawa berkah bagi semua.

Dalam sambutannya menteri pertanian meyampaikan bahwa keberpihakan bapak Presiden Republik Indonesia kepada provinsi Kalimantan Tengah dan menjadikan kabupaten Pulang Pisau sebagai salah pusat ekonomi dari pangan yang di ada di indonesia. Dirinya berjanji akan membantu secara maksimal agar  program yang dicanangkan dapat berjalan secara optimal mengembangkan ekonomi dasar di Kalteng khususnya di bidang pertanian, mengingat pertanian  merupakan salah satu sektor yang di butuhkan oleh masyarakat tidak hanya lokal di Kalteng tetapi juga skala nasiona.

Kedepan inovasi dan pengembangan teknologi  sistem pertanian modern seperti food estate yang potensial diterapkan di bumi tambun bungai.

Kepada media  menteri pertanian mengatakan bahwa kedatangannya juga dalam rangka melakukan kordinasi dengan Gubernur Kalimantan Tengah untuk menjadikan kalimantan tengah super proritas program ketahanan pangan nasional dimana akan memprioritaskan ketersedian lahan dan mengoptimalisasikan lahan yang ada

(HM)

You can share this post!

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

0 Comments

Leave Comments