Barut

Restoking Bertujuan Untuk Meningkatkan Populasi Ikan Di Perairan

MUARA TEWEH – Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Utara,melaksanakan kegiatan restoking benih ikan di perairan umum di Desa Trinsing Kecamatan Teweh Selatan, Selasa (16/7/2024).

"Kegiatan restoking merupakan salah satu upaya penambahan stok ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum,” kata Pj Bupati Muhlis dalam sambutannya dalam kegiatan tersebut, Selasa (16/7/2024). 

Selain itu, restoking juga bertujuan untuk meningkatkan stok populasi ikan, melestarikan keanekaragaman sumber daya ikan. Juga meningkatkan produksi ikan guna pemenuhan gizi bagi masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan nelayan melalui peningkatan pendapatan yang merata serta kesempatan kerja tambahan dari sektor perikanan.

Dikatakan Pj Bupati Muhlis, agar kegiatan restoking dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien, maka perlu dilakukan langkah yang kongkrit seperti pengaturan dan pembatasan penangkapan dengan menutup sementara bagian perairan tertentu untuk memberikan kesempatan tumbuh dan berkembangnya ikan muda, 

Dikatakan Muhlis pengaturan kegiatan penangkapan dengan peraturan daerah dan pengaturan adat, larangan menangkap ikan dengan alat dan bahan yang berbahaya serta larangan menangkap ikan pada jenis dan fase tertentu. 

Selain itu pengelolaan, pengendalian, pembinaan dan pengawasan yang intensif baik dari pemerintah, kelompok nelayan, kelompok masyarakat pengawas dan penegakan hukum terhadap pihak-pihak yang melakukan pelanggaran ilegal fishing. Serta memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar selalu menjaga dan melestarikan sumberdaya ikan dan ekosistemnya.  

Muhlis juga berpesan agar dalam melakukan restoking hendaknya menghindari rusaknya ekosistem yang ada dan menghindari punahnya ikan lokal asli yang ada di perairan umum. 

"Semoga pemanfaatan perairan umum seperti danau dan rawa yang ada di Kabupaten Barito Utara secara maksimal dengan tetap menjaga agar sumberdaya perikanan terus stabil dan berkelanjutan untuk anak dan cucu kita di masa mendatang,” ucap Pj Bupati Muhlis.

Pj Bupati Muhlis juga berpesan agar kegiatan pengelolaan perikanan melalui penebaran ikan di perairan umum dijadikan salah satu agenda rutin di Pemerintah Kabupaten Barito Utara. 

Serta kata dia melalui kegiatan restoking ini diharapkan kedepan perairan umum di kabupaten barito utara tetap lestari, populasi ikan akan meningkat,  dan produksi tangkapan nelayan bisa bertambah.

(Syarbani)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments