P. Raya

Sigit K. Yunianto hadiri The 10th International Conferenceof Aquaculture Indonesia

PALANGKA RAYA - Ketua Umum Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia Sigit Karyawan Yunianto sampaikan makalah Perikanan Perkotaan Sebagai Strategi Peningkatan Ketahanan Pangan Masyarakat Perkotaan Di Indonesia: Potensi Dan Kebutuhan Kebijakan  pada kegiatan The 10th International Conference of Aquaculture Indonesia di Semarang, Jawa Tengah, kamis 28 Oktober 2021.

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit Karyawan Yunianto dalam kegiatan The 10th International Conference of Aquaculture Indonesia menyampaikan makalahnya yang berjudul Perikanan Perkotaan Sebagai Strategi Peningkatan Ketahanan Pangan Masyarakat Perkotaan Di Indonesia: Potensi Dan Kebutuhan Kebijakan di Semarang, Jawa Tengah Kamis 28 Oktober 2021.

Ketua Umum Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia tersebut menyampaikan Perkembangan penduduk perkotaan di Indonesia meningkat sangat pesat. Perkembangan tersebut memberikan beban bagi pemerintahan kota khususnya dalam penyediaan sarana dan prasarana dasar permukiman. Masalah lain, adalah beban penyediaan pangan dan kemiskinan. Sebagian besar pendapatan miskin perkotaan (40 – 50 %) digunakan untuk membeli makanan, proporsi ini jauh lebih besar dibandingkan yang dikeluarkan oleh penduduk perdesaan.

Maka dari itu, Sekretaris DPD PDI-Perjuangan Provinsi Kalimantan Tengah ini melalui trobosan dalam isi makalahnya yakni Urban farming yang termasuk urban fish farming merupakan peluang untuk meningkatkan ketahanan pangan dan mengurangi kemiskinan. Keunggulan utamanya adalah jarak pasar (konsumen) yang dekat, namun masih banyak kendala yang harus dipecahkan. Beberapa riset sudah dilakukan namun masih belum cukup memadai. Pemerintahan kota di seluruh Indonesia memerlukan mitra untuk merumuskan kebijakan dalam rangka mengembangkan urban fish farming di daerahnya.

 

(Hary Reymondo)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments