P. Raya

UPT Puskesmas Kereng Bangkirai : Antusias Vaksin Anak usia 6-11 Tahun Tinggi

PALANGKA RAYA  - Untuk memutus mata rantai Covid19 dan membentuk kekebalan komunal dan memenuhi syarat anak didik mengikuti PTM terbatas, Puskesmas Kereng Bangkirai lakukan vaksin anak usia 6-11 Tahun,  yang diikuti antusias oleh warga.

Pemerintah secara resmi melaksanakan kick off vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun pada Desember 2021. Kalteng salah satu Provinsi yang memenuhi kriteria dari Dinas Kesehatan RI untuk melaksanakan vaksin anak usia 6-11 Tahun dengan vaksin jenis Sinovac.

Dari beberapa tempat  yang ditunjuk, UPT Puskesmas Kereng Bangkirai salah satu yang menggelar vaksin anak usia 6-11 tahun untuk wilayah kelurahan Kereng Bangkirai dan kelurahan Sabaru Kecamatan Sabangau Kota Palangka Raya.

Kepala UPT puskesmas Kereng Bangkirai dr.Hellyana, melalui Siti Komalaningsih,S,Tr. sebagai pemegang Program Imunisasi, pada Rabu  2  Februari 2022 mengatakan  jatah vaksin ke satu 795 vaksin dan untuk vaksin ke dua sebanyak 500 vaksin  dan akan terus di sosialisasikan kepada masyarakat.

Bidan Siti mengungkapkan bahwa antusias warga untuk mendapatkan vaksin anak usia 6-11 tahun sangat tinggi di bandingkan vaksin kepada dewasa. Saat awal di gelar vaksin  orang tua berbondong bondong membawa anaknya untuk di vaksin.

Vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini rencananya akan dilakukan secara bertahap. vaksinasi akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 dan 2 di atas 70% dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60%.

Jenis vaksin yang akan digunakan untuk Vaksinasi anak usia 6-11 tahun adalah  vaksin Sinovac atau vaksin jenis lainnya yang sudah ada Emergency Use Of Authorization  atau EUA dari BPOM.  Untuk vaksin Sinovac  interval pemberian dosis 1 dan dosis 2 adalah 28 hari serta harus didahului dengan proses skrining kesehatan sesuai dengan format standar yang berlaku.

Orang tua memiliki peran penting dalam menyukseskan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun. Siti berharap melalui partisipasi aktif orang tua siswa untuk mengajak anak-anak usia 6-11 tahun untuk vaksinasi COVID-19 bisa membantu mempercepat cakupan vaksinasi di Palangka Raya.

Kami mengajak kepada orang tua agar anak-anak segera mendapatkan vaksin. Di manapun mereka divaksin di puskesmas juga bisa. Bersama-sama kita selamatkan anak kita dimasa pandemi ini.

(Altius utama)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments