P. Raya

Wagub Kalteng Hadiri Rapat Tanggap Darurat Terdampak Banjir di Kalteng

PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo sampaikan langkah-langkah yang dilakukan Pemprov Kalteng2 bersama Pemerintah Daerah dalam rangka kesiapsiagaan bencana alam bidang sosial. Hal ini disampaikan Wagub saat menghadiri Rapat Tanggap Darurat Daerah Terdampak Banjir di Prov. Kalteng,2 bertempat di Tanjung Rangas 1 Bahalap Hotel, Jalan RTA. Milono Palangka Raya, Jumat 26 November 2021. Rapat dipimpin langsung oleh Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri2 Rismaharini.

H. Edy Pratowo menyampaikan terkait dukungan jangka pendek penanganan banjir di Kalteng yakni Dukungan/bantuan ke Kabupaten/Kota yang terdampak banjir dengan penguatan sarana prasarananya berupa perahu untuk evakuasi dan distribusi bantuan, tenda-tenda pengungsi, selimut dan makanan siap saji, dan kebutuhan lainnya. 

Sementara itu, dukungan jangka panjang penanganan banjir di Kalteng yakni dengan membuat sudetan pada jalur Sungai Kahayan yang merupakan pertemuan dengan Sungai Rungan sehingga bisa mengurangi debit air yang masuk ke wilayah pemukiman Kota Palangka Raya, membuat sudetan pada jalur Sungai2 Katingan sehingga bisa mengurangi debit air yang masuk ke wilayah Kota Kasongan, pengerukan Sungai Kahayan, Sungai Katingan, Sungai Mentaya, Sungai Arut, Sungai Kapuas dan sungai-sungai lainnya sehingga bisa meningkatkan daya tampung sungai dan mempercepat aliran air sungai dan relokasi pemukiman-pemukiman yang berada pada kiri kanan sungai yang selalu terdampak banjir setiap tahun. 

Terkait dengan Jalan Nasional, dukungan jangka panjang yang dilakukan yakni ruas Jalan Pelantaran - Kasongan diusulkan jalan bebas banjir berupa Fly Over (Pile Slab) sepanjang 15 Km, ruas Jalan P. Raya - Jabiren - P. Pisau tepatnya di Tumbang Nusa penambahan jalan bebas banjir (Pile slab) sepanjang 800 meter dan pembuatan Kolam Retensi (Retarding Basin) Kolam resapan di kiri/kanan Sungai Kahayan untuk mengendalikan banjir.

Rapat dihadiri oleh Wakapolda Kalteng Brigjen Pol. Ida Oetari Poernamasasi, Kepala Staf Korem 102/PJG Kolonel Czi Wakhyono dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng. Dari Pemerintah Daerah hadir Wali Kota Palangka Raya, Bupati Pulang Pisau, Bupati Katingan dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur. 

 

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments