P. Raya

Wahid Yusuf: Awas Penipuan Retas Media Sosial

PALANGKA RAYA – Wakil Ketua I DPRD Kota Palangka Raya, Wahid Yusuf mengimbau masyarakat untuk lebih waspada dan berhati-hati dalam penggunaan/mengamankan akun di media sosial (medsos).

Terutama kata dia, jangan mudah percaya apabila ada seseorang yang dikenal, namun meminta atau ingin meminjam uang melalui akun medsos. Karena, bisa saja akun tersebut telah diretas.

“Iya, bisa saja oknum tak bertanggungjawab telah menggunakan foto korban namun beda nomor, untuk mencari keuntungan dengan cara menipu korbannya,” kata Wahid, Senin 13 Desember 2021.

Politisi muda dari Partai Golkar ini menyampaikan, jika hal tersebut baru saja dialaminya, dimana fotonya digunakan oleh seseorang. Hanya saja beda nomor namun mengatasnamakan dirinya.

Agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan, maka kata Wahid, ia segera menginformasikan kepada keluarga, rekan kerja dan teman-temannya bahwa ada seseorang telah menggunakan fotonya dengan nomor yang berbeda.

“Nomor saya masih yang dulu dan tidak berubah. Apabila ada seseorang mengatasnamakan saya, meminta atau menjanjikan sesuatu hal, saya minta untuk tidak ditanggapi lebih lanjut,” tukasnya.

Selebihnya Wahid berpesan, apabila masyarakat ada yang menjadi korban peretasan akun atau foto digunakan oleh seseorang untuk melancarkan aksi jahatnya, maka sesegera mungkin menginformasikan diberbagai medsos. Langkah tersebut untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Saya ingatkan, masyarakat jangan mudah percaya apabila ada seseorang ingin meminjam atau meminta bantuan, baik itu berupa uang ataupun pulsa. Pastikan terlebih dahulu kebenarannya,”tandas Wahid. 

 

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments