Katingan

Mudik Lebaran 1444 H: Peringatan Penting untuk Pemudik di Katingan

KATINGAN - Dalam hitungan 15 hari, umat Muslim di Kabupaten Katingan akan merayakan Idul Fitri 1444 H. Saat mendekati hari kemenangan tersebut, sebagian masyarakat akan merayakannya di luar Kasongan dengan melakukan mudik. Sebagian akan mudik ke ibu kota kecamatan, wilayah hulu, hilir, bahkan ke luar Kabupaten Katingan.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Rudi Hartono SSos, memberikan peringatan penting kepada pemudik, terutama umat Muslim yang merayakan Idul Fitri bersama keluarganya. Ia menekankan perlunya berhati-hati saat melakukan perjalanan, baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Menurut Rudi Hartono, menjelang Lebaran adalah saat yang tradisional bagi masyarakat untuk merayakan bersama keluarga di daerah asal mereka. Dengan banyaknya pemudik, jalan-jalan akan dipadati oleh kendaraan yang hilir-mudik pada waktu yang sama. Oleh karena itu, para pengendara perlu meningkatkan kewaspadaan.

Rudi Hartono juga mengingatkan khusus bagi masyarakat yang mudik ke wilayah hulu, seperti Kecamatan Katingan Tengah, Sanaman Mantikei, Marikit, hingga Katingan Hulu, untuk lebih berhati-hati. Jalan di bagian hulu Katingan sudah rusak sebelumnya dan saat ini digunakan sebagai jalan alternatif selama perbaikan jembatan Sei Katingan di Kasongan.

Dengan ratusan kendaraan roda empat dengan tonase di atas 8 ton yang melalui ruas jalan tersebut selama perbaikan jembatan, kondisi jalan semakin memburuk tanpa perbaikan yang jelas dari instansi terkait.

(Novryanto)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments