Barsel

Warga RT 041 Jalan Asam Buntok Kota Tutup Jalan Tran Kalimantan

BARITO SELATAN - Puluhan  warga jalan asam rt 041  kelurahan buntok kota  kecamatan dusun selatan kabupaten barito selatan kali-mantan tengah menutup jalan  utama karena kesal.  Jalan tersebut rusak parah akibat digunakan truk yang meng-angkut muatan melewati batas , minggu 2 januari 2022. 

Akibat penutupan jalan tersebut puluhan truk tidak bisa melintas bahkan aktivitas warga sekitar jalan asam  ter-ganggu. Tampak puluhan angkutan terpaksa sebagian memutar balik arah karena tak bisa melintas. Saat ini aksi penutupan masih berlangsung dan dijaga puluhan polisi dari polsek dusun selatan.
Jalan  asam yang biasa digunakan warga menuju provinsi kalimantan tengah, memang dalam kondisi rusak parah. Sejumlah kubangan tampak di badan jalan. Selain itu jalan juga dipenuhi lumpur.

Dalam  aksi warga tersebut juga disaksikan Camat Dusun Selatan Evi Kusuma Wardhani , bersama  Sekcam Alfian, Kapolsek Dusun Selatan  Iptu Suranto bersama anggota selain  warga  camat meminta kehadiran  pemilik kegiatn atau kontraktor jalan untuk segera menuntaskan perba-ikan jalan satu-satunya yang bisa digunakan menuju arah ke palangka raya.

Ketua RT 041 Kelurahan Buntok Kota Hendri B Jahan menjelaskan  bahwa  mereka yang berdomosili di sekitar  jalan yang rusak dan berlumpur tersebut  sangat dirugikan, terutama pengguna jalan.  Dirinya ber-harap agar dinas terkait segera memperbaiki jalan tersebut.

Menyangkut hal itu Camat Dusun Selatan Evi Kusuma Wardani bersama warga setempat mencoba langsung mengkonfirmasi via whatsapp ke pemilik perusahaan yang bertanggung jawab dengan  perbaikan jalan tersebut. Dalam penjelasannya pihak kontraktor  menyampaikan bahwa penanganannya selalu dilakukan.  Namun dari anggaran 2021, tidak ada penanganan permanen, hanya penanganan rutin jalan.

Lebih lanjut pihak kontraktor menjelaskan, beberapa waktu lalu pihak kontraktor sudah menanggulangi dengan agregat fungsional . Namun  dengan kondisi  jalan asam sekarang tanah dan pondasinya sudah rusak parah. Diakui pihaknya tidak bisa melakukan penanganan secara maksimal, hanya penanganan greding.

(Ary Mampas)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments